Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Kamar Mandi Kecil Tampak Luas dengan Cermin

JAKARTA, KOMPAS.com -  Tidak setiap kamar mandi memiliki ruang yang luas. Itulah sebabnya salah satu cara membuat kamar mandi kecil terlihat lebih besar adalah dengan cermin besar.

Semua ruangan bisa mendapatkan keuntungan dari permukaan reflektif, tetapi cermin yang ditempatkan secara strategis, atau cermin dinding ke dinding dapat mengubah kamar mandi kecil Anda menjadi lebih menarik.

Dikutip dari House Digest, Kamis (20/4/2023), cermin unggul dalam memantulkan cahaya, yang merupakan kunci jika Anda mencoba membuat kamar mandi tampak lebih besar dari yang sebenarnya.

Cermin besar tidak hanya membuat ruangan terasa lebih ringan, cerah, dan lebih ramah, tetapi juga dapat berfungsi sebagai bagian fokus yang fungsional dan bergaya, mengalihkan pandangan Anda dari bagian jamban yang kurang diinginkan.

Jika Anda memiliki ruang dinding, pilih cermin besar

Untuk memberikan tampilan kamar mandi yang lebih besar, maka gunakan cermin besar. Semakin besar cermin, maka semakin banyak transformasi spasial yang akan Anda lihat.

Cermin dekoratif pun fungsional. Cermin ini biasanya digantung di atas atau di seberang meja rias, atau jika lokasi memungkinkan, di atas bak mandi.

Bergantung pada pinggiran, bentuk, dan keunikannya, jenis cermin dekoratif ini juga dapat mengubah daya tarik visual kamar mandi.

Ide lainnya adalah memilih cermin penuh, atau bahkan menutupi seluruh dinding dengan cermin. Cermin ukuran penuh dapat digantung atau ditempel di dinding, dan menempatkannya secara diagonal atau di sudut juga menciptakan titik fokus yang bagus.

Jika Anda mencari keanggunan yang lebih besar, lebih berani, dan lebih modern ke kamar mandi kecil, maka cermin dari dinding ke dinding mungkin bisa menjadi pilihan Anda.

Opsi ini tidak hanya memaksimalkan ruang, tetapi juga cahaya, yang secara otomatis mencerahkan kamar mandi kecil dan membuatnya terasa lebih luas.

Jika ruang dinding terbatas, maka pilih jenis cermin ini

Ada beberapa solusi jika Anda kekurangan ruang dinding kamar mandi, dan beberapa opsi perluasan ruangan yang bagus juga.

Pertama, Anda dapat memilih untuk memasang cermin horizontal besar tanpa bingkai yang memakan sekitar 70 hingga 80 persen dari lebar meja rias. Pilihan kedua adalah memasang lemari obat dengan cermin, yang juga akan memberi kamar mandi penyimpanan ekstra.

Lemari obat dapat ditemukan dengan pintu tunggal, ganda, dan bahkan tiga pintu. Jika dinding yang dipantulkan di cermin rias memiliki ruang ekstra, coba hiasi dengan beberapa cermin kecil.

Ini akan bertindak sebagai reflektor cahaya kecil tetapi tetap membuat ruang tampak lebih besar daripada yang sebenarnya dengan bertindak seperti jendela cermin kecil.

Selain itu, ingat bahwa dalam hal penempatan, bukan ide yang baik untuk menghadapkan cermin ke pintu kamar mandi. Tidak disarankan juga untuk menggantungkan cermin di belakang pintu kamar mandi karena justru akan membuat kamar mandi terlihat lebih kecil.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/20/151500276/cara-membuat-kamar-mandi-kecil-tampak-luas-dengan-cermin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke