Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Tips Mendekorasi Ruang Makan Kecil agar Nyaman

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang makan merupakan tempat Anda berkumpul dan bersantap bersama keluarga. Sering digunakan untuk beraktivitas bersama keluarga, penting untuk mendekorasi ruang makan sehingga nyaman dan menarik. 

Untuk ruang makan dengan ukuran kecil, Anda dapat memaksimalkan ruang dengan pemilihan furnitur yang tepat. Selain itu, Anda juga dapat menambahkan dekorasi pada dinding.

Dilansir Ideal Home, Sabtu (15/4/2023), berikut ini 4 tips mendekorasi ruang makan kecil.

1. Karpet besar

Karpet yang berukuran besar bisa sangat membantu untuk meningkatkan kesan luas di ruang makan yang kecil. Karpet kecil atau, beberapa karpet kecil akan memiliki efek sebaliknya, membelah lantai secara visual dan membuatnya tampak sibuk.

Sebagai ide dekorasi ruang makan kecil, menempatkan karpet besar di bawah meja makan adalah salah satu yang paling mudah untuk dilakukan.

Usahakan karpet berukuran setidaknya 80 cm lebih besar dari meja makan, agar kursi dapat ditarik keluar tanpa membuat bagian kakinya tersangkut di tepi karpet.

Karpet bermotif akan menyembunyikan noda lebih baik, namun hindari motif yang terlalu ramai di ruang makan yang kecil, kecuali jika semua permukaan lainnya terlihat tenang.

2. Tempat duduk built-in

Built-in banquette yang terpasang dengan pas di dinding merupakan cara yang bagus untuk memasukkan meja tanpa memenuhi seluruh ruang makan.

Penyimpanan tambahan di dalamnya sangat bagus untuk menyimpan peralatan makan untuk pesta dan hidangan besar.

Percantik dekorasi dengan menyusun bantal, memadukan pola dan warna untuk menciptakan suasana yang menyenangkan dan santai.

3. Dinding galeri

Dinding galeri memberikan variasi dan daya tarik pada dinding dan ruangan. Kunci membuat dinding galeri di ruang makan kecil adalah menjaganya agar tetap rapi dan simetris.

Gunakan bingkai dengan gaya yang sesuai dan cermatlah dalam mengukurnya. Berpegang pada gambar dan foto monokrom adalah cara yang bagus untuk menanamkan keteraturan.

Pengaturan bertingkat ini juga mengarahkan mata ke atas, sebuah langkah cerdas dalam ruang yang sempit.

4. Rak yang ramping

Tata letak ruang makan yang baik memiliki ruang yang cukup untuk bergerak di sekitar meja makan. Anda dapat mengganti lemari laci atau bufet dengan rak yang ramping dan sederhana.

Pilihlah unit rak yang tinggi untuk menyeimbangkan meja makan dan menciptakan desain yang menarik di bagian atas. Pajangan piring-piring atau buku-buku cantik dapat memberikan warna dan bentuk pada rak yang ramping.

Jika Anda memiliki ruang untuk perabot yang lebih besar, menempatkannya di sisi dinding yang sama dengan pintu sehingga berada di belakang Anda saat Anda masuk akan mencegahnya mendominasi ruang makan kecil.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/15/173148176/4-tips-mendekorasi-ruang-makan-kecil-agar-nyaman

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke