Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membuat Teras Rumah Tampak Mewah dan Elegan

JAKARTA, KOMPAS.com - Teras rumah, baik teras depan maupun teras belakang, adalah pusat aktivitas penting di rumah. Teras rumah digunakan untuk menyambut dan menjamu tamu hingga bersantai di rumah.

Dikutip dari Homes & Gardens, Selasa (11/4/2023), memberi tampilan mewah akan membuat teras rumah lebih menyenangkan untuk menghabiskan waktu, baik untuk Anda maupun tamu. Hal ini pun dapat dilakukan dengan mudah.

Tentu saja, anggaran yang lebih besar dapat membantu mendapatkan tampilan teras rumah yang mewah, tetapi tidak harus demikian.

Berikut beberapa cara membuat teras rumah tampak mewah dan elegan. Cara ini dapat diterapkan pada teras depan maupun teras belakang rumah.

1. Pilih material lansekap yang terasa mewah

Fondasi teras yang tampak mahal, secara harfiah, adalah bahan yang Anda gunakan di bawah kaki. Ini mengatur nada untuk seluruh ruang dan memengaruhi seberapa praktisnya, jadi layak untuk diinvestasikan.

Paving block bisa sangat membantu dalam meningkatkan tampilan teras rumah, dan ada banyak gaya yang tersedia untuk berbagai anggaran.

Paving block porselen format besar sangat cocok untuk teras rumah modern yang apik, sedangkan batu alam memiliki daya tarik abadi dan tampilan yang lebih bertekstur dan naturalistik.

Pilih gaya klasik, seperti batu ubin besar atau pilih tampilan yang lebih eksotis dengan travertine atau batu kapur, saran Jacky Chou dari Archute.com.

Todd Saunders, CEO FlooringStores, merekomendasikan untuk menambahkan sentuhan kreativitas ke dalam pilihan lantai teras. Anda bisa menggunakan pola paving block yang menarik, atau menetapkan batas di sekitar ruang dengan paving block dalam warna yang saling melengkapi.

Dia juga menyarankan untuk menyelingi paving block dengan kerikil, yang akan menawarkan tampilan yang lebih unik dan bertekstur sambil memperbaiki drainase.

Menanam tanaman penutup tanah yang tumbuh rendah di antara lempengan adalah pilihan lebih lanjut dan akan menawarkan nuansa warna hijau cerah.

Namun, jika beton lebih sesuai dengan anggaran Anda, cobalah mencap atau mengecatnya dengan elemen desain agar lebih canggih tanpa menghabiskan banyak uang, saran Joe Raboine dari Belgard.

2. Warna netral untuk tampilan yang tak lekang zaman

Skema warna yang kohesif dapat membuat teras terasa lebih rapi dan menyatu, ungkap Jonathan Faccone, pendiri Halo Homebuyers. Dia menyarankan untuk menggunakan dua atau tiga warna pelengkap di seluruh desain teras rumah, termasuk furnitur, aksen, dan dekorasi.

Carmelo Carrasco, desainer interior dan makelar di Axel Property Management menyarankan untuk menggunakan warna yang sejuk ketimbang warna cerah.

Warna-warna netral seperti putih, abu-abu, kelabu tua, dan beige dapat membantu menciptakan tampilan yang lebih mahal yang akan bertahan selama bertahun-tahun tanpa terlihat kuno, jelas Carrasco.

Menggabungkan tekstur yang berbeda untuk mempertahankan kesan karakter dan kedalaman di teras. Permadani tenun luar ruangan, kayu dan rotan poli dalam nuansa serupa bisa menciptakan zona mewah yang terasa diperhatikan.

3. Furnitur fungsional

Furnitur luar ruangan fungsional adalah suatu keharusan untuk teras, dan desainnya akan sangat memengaruhi keseluruhan tampilan ruangan.

Berinvestasilah pada furnitur berkualitas tinggi dengan tekstur mewah dan tempat duduk yang nyaman, saran Chou.

Tambahkan bantal empuk untuk kenyamanan dan gaya, imbuh dia.

Ada pun Faccone merekomendasikan bahan yang tahan lama dan tahan cuaca seperti jati, aluminium, atau anyaman resin. Dia menganjurkan desain yang elegan dengan garis yang bersih.

Sementara itu, Carrasco menyarankan untuk menggunakan desain klasik dengan hiasan yang lebih sedikit. Ini akan membantu menciptakan tampilan mewah yang tidak akan ketinggalan zaman, tambahnya.

Jangan lupakan kekuatan karpet luar ruangan. Ini adalah sentuhan akhir yang sempurna untuk ruang teras dan dapat langsung menambah kesan mewah, sekaligus menentukan area tersebut.

4. Fitur air untuk titik fokus yang menenangkan

Menambahkan fitur air ke teras rumah akan langsung menciptakan getaran tenang seperti Zen. Tetap berpegang pada desain sederhana untuk kesan mewah.

Misalnya, gunakan mangkuk air pahatan, dinding air, atau desain berbentuk bola dunia yang diletakkan di atas kerikil.

Ada banyak manfaat fitur air di luar ruangan. Fitur air adalah karya seni, membuat suara latar yang luar biasa dan benar-benar bisa menjadi titik fokus teras, ungkap Loren Taylor dari The Soothing Company.


Kelilingi fitur air dengan tanaman hijau untuk meningkatkan nuansa alam.

Anda juga bisa menggunakan lampu sorot yang terselip di antara pot tanaman, yang akan memamerkan tanaman dan menciptakan bayangan yang menarik.

Lampu sorot tersembunyi di dalam paving block adalah pilihan lain yang menawarkan tampilan yang lebih tinggi dan ramping, namun pastikan jaraknya merata.

Triknya adalah dengan tetap menggunakan lampu yang lembut dan hangat dan melapisinya untuk efek yang seimbang dan ramah.

Meskipun saran di atas sudah diterapkan, penting untuk membersihkan teras secara teratur agar tetap terlihat segar dan mewah.

Selain itu, hindari pemandangan yang merusak pemandangan. Teralis yang diselimuti tanaman merambat yang harum membuat layar botani yang indah yang dapat menyamarkan tempat sampah atau dinding taman yang jelek di dekatnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/04/11/133335976/5-cara-membuat-teras-rumah-tampak-mewah-dan-elegan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke