Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Cara Mengusir Semut Secara Alami di Rumah, Pakai Cuka hingga Lemon

JAKARTA, KOMPAS.com - Semut adalah salah satu hama yang lazim ditemukan di rumah. Semut bisa menyerang berbagai hal, mulai dari makanan, air, hingga stop kontak listrik.

Salah satu cara membasmi semut di rumah adalah mencegah semut masuk ke rumah terlebih dulu. Namun demikian, cara ini ampuh untuk serangan semut yang ringan di rumah.

Selain itu, dikutip dari Treehugger, Jumat (31/3/2023), simpan semua makanan dalam wadah tertutup rapat dan bersihkan permukaan secara menyeluruh. Segerea cuci piring, jaga kebersihan lantai, dan bersihkan mangkuk makanan hewan peliharaan, dan bilas setiap hari.

Periksa tanaman hias untuk memastikan tidak ada semut, jika ya, maka segera keluarkan dari ruangan.

Berikut beberapa cara membasmi semut secara alami di rumah yang dapat dilakukan dengan mudah.

1. Air perasan lemon

Ide di balik penggunaan air perasan lemon adalah menutupi jejak aroma semut dan menghalangi mereka untuk masuk.

Anda dapat mencampur satu bagian air perasan lemon dan tiga bagian air dan menyemprotkan di sekitar kusen jendela dan kusen pintu dan di mana pun semut masuk.

2. Kayu manis

Ketika menghirup kayu manis, itu dapat menyebabkan semut mati lemas, yang menjadikannya penolak semut yang efektif. Minyak kayu manis juga berfungsi dengan baik, semakin kuat, semakin baik.

Anda bisa menaburkan kayu manis bubuk di area tempat semut masuk. Anda juga bisa menyemprotkan minyak esensial kayu manis di sekitar pintu, kusen, jendela, lantai, dan lainnya.

3. Peppermint

Anda dapat menggunakan minyak esensial peppermint sebanyak 20 tetes per 2 gelas air dan semprotkan di sekitar kusen jendela dan ambang pintu sebagai pencegah semut.

Anda juga bisa menggunakan sabun cuci piring beraroma peppermint untuk mencegah semut. Campurkan 1 banding 1 dengan air dalam botol semprot, lalu semprotkan pada invasi semut.

4. Boraks, air, dan gula

Boraks adalah racun yang bekerja lambat untuk semut yang akan merusak sistem pencernaan semut dan menyebabkan mereka mati dalam beberapa hari setelah tertelan. Ini paling efektif jika ada koloni semut, di mana sang ratu memakannya juga.

Buat pasta dengan air, gula, dan boraks. Kemudian, oleskan pada potongan-potongan kecil karton tipis atau stok kartu yang kaku dan letakkan di dekat tempat yang tampaknya akan semut masuki ke dalam rumah.

Semut akan makan dan bawa kembali ke koloni mereka. Pasta akan mengering dalam beberapa hari, jadi Anda harus membuatnya lagi.

5. Air mendidih dan sabun cuci piring

Jika Anda melihat sarang semut di sekitar rumah, Anda dapat menuangkan air mendidih ke dalamnya untuk segera membunuh semut di dalamnya.


Itu tidak akan membunuh setiap semut, jadi pastikan untuk menerapkan perawatan ini ke lubang sebanyak yang Anda bisa.

Anda juga bisa mengisi botol semprot dengan air dan sabun cuci piring cair untuk membunuh semut yang terlihat.

6. Tanah diatom

Taburkan tanah diatom alias silikon dioksida di mana pun semut bergerak di dalam rumah mengikuti jejaknya, di sepanjang alas tiang, tepian dan kusen jendela, ambang pintu, retakan, dan di tempat lain.

Pastikan untuk memakai masker untuk menghindari terhirup dan sarung tangan untuk meminimalkan kontak dengan tangan.

Tanah diatom tidak berbahaya, tetapi sebaiknya jangan menyentuhnya jika memungkinkan. Tanah diatom akan menghancurkan kerangka luar semut dan menyebabkan dehidrasi.

7. Baking soda dan gula bubuk

Kombinasi ini efektif karena gula bubuk menarik semut dan soda kue alias baking soda yang tidak dapat dibedakan dari gula membunuh semut dengan cara mencampurkannya dengan asam di perutnya.

Ini paling efektif jika dibiarkan di dekat pintu masuk koloni semut, karena semut harus membawanya kembali ke sarang untuk membunuh ratu guna memusnahkan seluruh koloni.

8. Ampas kopi

Ampas kopi yang diseduh dikatakan paling efektif jika disebarkan di dekat titik masuk semut. Namun, setelah mengering, ampas kopi tidak berfungsi dengan baik.

9. Cuka

Buat larutan cuka dan air dengan perbandingan 1:1 dan semprotkan langsung ke semut dan ke permukaan apa pun yang dilaluinya, termasuk area penyimpanan makanan, seperti lemari dan rak dapur.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/31/153502476/9-cara-mengusir-semut-secara-alami-di-rumah-pakai-cuka-hingga-lemon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke