Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Tanaman Pengusir Semut yang Bisa Ditanam di Kebun dan Dalam Rumah

Tentu saja, keberadaan semut ini dapat merusak pertumbuhan akar tanaman serta mengganggu kenyamanan bersantai di taman. 

Karena itu, keberadaan semut di taman perlu segera dibasmi. Namun, membasmi semut di taman tidak perlu langsung menggunakan insektisida atau bahan kimia keras.

Metode terbaik adalah membasmi semut dari taman dengan menanam tanaman pengusir semut atau hama. Tanaman ini umumnya memiliki bau atau aroma menyengat. 

Sebab, bau memainkan peran penting dalam komunikasi semut. Tak heran, jika tanaman beraroma kuat tidak dapat ditoleransi oleh semut. Ini juga menjadi solusi alami untuk mencegah semut berkeliaran di taman. 

Berikut sejumlah tanaman pengusir semut dari taman dan tanaman dilansir dari Rhythm of the Home, Senin (20/3/2023).  

Keuntungan lainnya menanam mint di taman rumah adalah Anda bisa memanfaatkannya untuk membuat teh lezat. 

Kunjungi toko tanaman dan pilih jenis tanaman mint yang memiliki aroma paling kuat untuk memastikan keberhasilan mengusir semut.

Tanaman ini mudah tumbuh dan dapat ditempatkan di area mana pun di kebun yang biasa semut muncul. 

Marigold

Dikenal dengan bunga berwarna oranye yang ceria, marigold juga bagus digunakan sebagai tanaman pengusir semut.

Bunga marigold memiliki aroma aromatik yang akan menyebabkan beberapa efek merugikan pada navigasi semut.

Marigold efektif mengusir semut dari tanaman, taman, maupun di dalam rumah. Pastikan menemukan tempat sangat cerah untuk tanaman ini agar tumbuh subur.

Varietas marigold Afrika dan Perancis tampaknya cocok untuk mengusir hama serangga dari kebun. Biarkan tanaman marigold tumbuh dalam kepadatan yang sehat untuk mendapatkan fitur pengusir semut terbaik. 

Mekanisme pertahanan alami bawang putih melindunginya dari berbagai macam hama serangga. Namun, Anda hanya akan mendapatkan khasiat pengusir hama yang terbaik jika menggunakan siung yang baru dipotong.

Menanam tanaman bawang putih di sekitar pekarangan mungkin tidak efektif karena senyawa harumnya tertinggal di bawah tanah.

Sebarkan umbi bawang putih yang telah dipotong di area mana pun yang sering didatangi semut untuk membentuk penghalang pencegahan terhadap serangga-serangga pengganggu ini. 

Lavender

Semut menghindari lavender karena aromanya yang kuat. Minyak aromatik lavender dapat memenuhi seluruh taman dengan aroma yang harum.

Meski tidak sekuat minyak olahan yang diekstrak dari tanaman, aroma lavender alami lebih dari cukup untuk mencegah dan mengusir semut dari tanaman dan sekitar properti Anda.

Selain semut, nyamuk dan lalat juga tidak menyukai lavender. Tanam lavender di tempat  terang di taman. Tanaman hias lavender dalam ruangan membutuhkan aliran udara ekstra. 

Rosemary adalah tambahan bagus untuk taman atau bisa digunakan diletakkan dalam ruangan. Tanaman pengusir semut ini tumbuh tanpa masalah selama mendapat sinar matahari cukup.

Rosemary adalah tanaman asli Mediterania dan dianggap sebagai semak cemara yang tumbuh cukup lambat. 

Catnip

Meski kucing menyukai tanaman ini, semut tidak menyenangi catnip dan menghindarinya sehingga membuatnya menjadi tanaman pengusir semut di taman maupun dalam rumah.

Hal ini berkat sifat anti-pengusirnya yang alami. Sama dengan tumbuhan lain dalam daftar ini, catnip menghasilkan banyak senyawa volatil yang akan mendatangkan malapetaka di antara semut.

Minyak atsiri yang terbuat dari catnip lebih kuat dan dapat bertindak sebagai pestisida serbaguna di kebun. 

Bunga krisan memiliki senyawa insektisida aktif yang secara alami akan memberikan perlindungan terhadap semut dan hama lainnya.

Kepala bunga krisan yang sudah dikeringkan dapat diolah menjadi insektisida alami alih-alih menggunakan semprotan kimia.

Beberapa spesies krisan lebih dapat diandalkan daripada yang lain dalam hal menghasilkan bahan pengusir semut alami.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/20/084554176/7-tanaman-pengusir-semut-yang-bisa-ditanam-di-kebun-dan-dalam-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke