Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Cara Mendesain Dapur yang Nyaman dan Tenang Menurut Ahli

Tak heran, dapur bukan tempat yang paling tenang. Jarang sekali ada nuansa zen atau kenyamanan seperti yang Anda dapatkan di ruang keluarga atau kamar tidur. 

Namun, tempat ini sering kali menjadi tempat menghabiskan banyak waktu sehingga penting mengurangi kekacauan sebisa mungkin.

Salah satu caranya, menciptakan dapur yang tenang. Dapur yang menenangkan bukan hanya tentang menciptakan ruangan yang terlihat bagus, tapi juga terasa nyaman.

Jadi, saat mendesain dapur yang tenang, penting melakukan pendekatan holistik dan melibatkan semua indera. Mulai dari, pemilihan warna dapur, pencahayaan, lantai, serta ide tata letak dapur yang dipikirkan dengan matang.

Sejumlah desainer interior membagikan cara mendesain dapur yang terasa nyaman dan tenang dikutip dari Homes and Gardens, Senin (6/4/2023).  

Ini berarti menggunakan ruang yang Anda miliki dengan cara terbaik, yakni memastikan segala sesuatu memiliki tempat sehingga tidak ada terlalu banyak kekacauan di permukaan kerja atau lemari. 

Selain itu, memastikan alurnya berjalan baik sehingga menggunakan dapur menjadi menyenangkan. 

Pastikan semuanya memiliki tempat dan tujuan 

Selanjutnya, cara mendesain dapur yang terasa nyaman dan tenang adalah memastikan semuanya memiliki tempat serta tujuan.

Bianca Betancourt, pimpinan desain FORM Kitchen, menjelaskan pengaturan dan penataan memainkan peran penting dalam keseluruhan kesan dapur. 

Hilangkan kekacauan di atas meja dapur, menjaga jumlah peralatan yang berada di tempat terbuka seminimal mungkin, mempertahankan interior lemari dapur, dan meluangkan waktu menata ulang interior setiap beberapa bulan. 

"Aksesori dan barang pajangan harus memberikan dampak positif pada ruangan dan tidak mengganggu pemandangan. Ini adalah kesempatanmenghadirkan lebih banyak warna, tekstur, bentuk, dan bahan organik," ucap Batancourt. 

Mempertahankan ruang yang terorganisir, sederhana, dan dirancang secara halus akan mempengaruhi relaksasi, mengurangi stres, serta menciptakan ruang yang berfungsi baik secara keseluruhan. 

Memastikan pencahayaan dapat diredupkan adalah cara lain menciptakan suasana yang nyaman dan santai, terutama untuk malam musim dingin.

"Kami senang menggabungkan lampu meja ke dalam desain dapur, memberikan ruang untuk lampu meja di atas meja dapur atau kitchen island," jelas Kate Cox dari HÁM interiors. 

Untuk kesan santai, kata Cox, menggunakan warna-warna alami seperti hijau lembut atau warna netral yang hangat.

Elemen kuncinya adalah memastikan keseluruhan palet kohesif serta bekerja sama secara harmonis, condong ke bahan alami, serta sentuhan akhir yang diasah untuk ubin dan lantai. 

Pilih warna-warna kalem yang menenangkan 

Menggunakan warna-warna kalem dan menangkan menjadi cara mendesain dapur yang terasa nyaman dan tenang

Menurut Simon Temprell, Manajer Desain Interior di Neptunus, warna dapur terkait langsung dengan perasaan Anda saat menghabiskan waktu di sana.

Hindari menggunakan warna-warna yang kuat dan tegas seperti merah atau kuning. Warna-warna ini akan meningkatkan detak jantung dan membuat Anda merasa tidak tenang. 

"Redam warna-warna kromatik yang kuat dengan mewarnai menjadi warna yang lebih mudah ditinggali. Atau simpan warna paling terang Anda di sebuah kitchen island agar tidak membanjiri indera penglihatan." 

Gunakan warna-warna yang muncul di alam untuk memberikan Anda tempat yang lebih tenang dan santai untuk menghabiskan waktu.

Warna hijau sage yang lembut adalah warna yang sangat damai dan cocok untuk segala jenis permukaan kerja. 

Mulailah dengan palet warna yang menciptakan kehangatan. Semua dapur berwarna putih bisa terasa hangat, tapi Anda harus memilih cat dengan warna yang sedikit lebih hangat. 

Setelah itu, pilih bahan seperti meja dapur, lantai, dan perlengkapan yang menciptakan lapisan-lapisan indah pada palet warna Anda.

"Saya suka menggunakan kuningan yang tidak dipernis karena secara alami akan mengalami patina, yang membuat ruangan terasa hidup. Lantai batu alam adalah detail lain yang akan menua dengan indahnya. 

Ambil pendekatan yang lebih minimalis 

Terakhir, cara mendesain dapur yang nyaman dan tenang adalah menggunakan pendekatan minimalis. 

Menurut Bianca, dalam hal estetika secara keseluruhan, memilih sentuhan akhir dan warna yang kalem, netral, serta lembut saat disentuh adalah cara tepat menghadirkan ketenangan di dapur. 

"Menghilangkan penggunaan warna, pola, dan tekstur yang terlalu banyak membantu melembutkan ruang secara keseluruhan.

Selain itu, terapkan beberapa dasar-dasar arsitektur dan desain Zen tradisional Jepang. Hal ini akan mempengaruhi rasa ketenangan dan ketentraman yang lebih dalam di dapur. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/03/06/143500176/6-cara-mendesain-dapur-yang-nyaman-dan-tenang-menurut-ahli

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke