Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membangun Ikatan dengan Anjing Peliharaan

Membangun ikatan dengan anjing peliharaan membutuhkan banyak waktu dan usaha seperti pelatihan, perhatian, serta perawatan. 

Bahkan, meski hubungan telah terjalin atau terbentuk, belakangan ikatan ini bisa mengendur serta tidak lagi terasa seperti sahabat.

Mungkin Anda selalu merasa frustrasi karena sahabat bulu kerap mengabaikan perintah atau menghalangi Anda saat melakukan pekerjaan rumah atau tidak berpelukan seperti yang Anda harapkan.

Masalah-masalah ini sering kali bermuara pada seberapa terikatnya Anda sebagai sebuah tim. Ikatan ini bukan sesuatu yang secara otomatis terjadi segera setelah membawa pulang seekor anjing ke rumah. 

Ikatan ini juga tidak statis. Ini adalah sesuatu yang membutuhkan kerja keras untuk membangunnya dan dapat berkembang seiring berjalannya waktu.

Nah, apabila ingin memiliki anjing yang bersahabat, berikut cara membangun ikatan dengan anjing peliharaan dilansir dari Treehugger, Sabtu (18/2/2023). 

Sebagai dua spesies yang sangat sosial, baik anjing maupun manusia, memiliki cara rumit berkomunikasi dengan orang lain.

Namun, sebagai manusia, kita cenderung mendominasi percakapan dengan anjing peliharaan. Kita memiliki harapan agar sahabat bulu memahami segala sesuatu yang kita minta.

Namun, kita tidak selalu melakukan upaya yang sama untuk mengetahui apa yang anjing peliharaan minta dari kita. 

Anjing memberi tahu kita banyak sekali informasi melalui bahasa tubuhnya seperti seberapa tinggi atau rendah ekornya, seberapa cepat ekornya bergoyang dan ke arah mana, serta bagaimana memegang telinganya. 

Jika ingin membangun ikatan dengan anjing peliharaan lebih baik lagi, hal pertama yang harus dilakukan adalah mempelajari bagaimana anjing berkomunikasi dengan tubuhnya.

Dengan demikian, Anda dapat lebih memahami apa yang anjing coba sampaikan serta  membuat lebih mudah bergaul dengannya. 

Beberapa anjing menyukai permainan mengambil, sementara yang lain lebih suka bermain tarik tambang. Ada anjing menikmati segala jenis kasih sayang, termasuk pelukan, tetapi banyak anjing yang hampir tidak bisa mentoleransi, bahkan tidak suka dipeluk. 

Dengan mengetahui apa yang disukai dan tidak disukai anjing serta menghormatinya, dapat membangun ikatan dengan anjing peliharaan.

Selain itu, anjing peliharaan akan menyadari bahwa menyenangkan berada di dekat Anda karena tidak memaksa hal-hal yang tidak disukai anjing. 

Latih anjing setiap hari 

Salah satu cara terbaik membangun ikatan dengan anjing peliharaan adalah melatihnya setiap hari menggunakan penguatan positif.

Melatih otak anjing untuk mempelajari sesuatu yang baru dan memberikan hadiah untuk keberhasilan adalah cara bagus meningkatkan kepercayaan serta pengalaman menyenangkan antara Anda dan sahabat bulu. 

Pelatihan terjadi setiap hari, setiap berjalan-jalan, setiap interaksi dengan anjing lain atau orang lain, setiap interaksi dengan Anda pada dasarnya adalah bentuk pelatihan. 

Ini membentuk persepsi anjing tentang dunia dan perilaku, baik buruk maupun baik. Jadi, lakukanlah upaya sadar untuk mendapatkan hasil maksimal dari momen-momen ini.

Saat berjalan-jalan bersama, buatlah kegiatan ini menjadi interaktif dengan meminta anjing  duduk di setiap sudut, mengubah arah dengan Anda secara acak, mengubah sisi yang dilaluinya, mengubah kecepatannya agar sesuai dengan Anda saat melambatserta mempercepat.  

Jika memberi makan anjing secara bebas, singkirkan mangkuk makanannya. Jika mainan berserakan di lantai atau di tempat yang mudah dijangkau anjing, sembunyikan mainan tersebut di dalam lemari.

Hal-hal ini akan membuat anjing peliharaan menganggap Anda sebagai pemberi hadiah berjalan serta menjadi cara membangun ikatan dengan anjing peliharaan. 

Untuk makanan, minta anjing menunggu beberapa menit atau melakukan beberapa trik sebelum makan. Hal ini akan menciptakan hubungan dalam pikiran anjing bahwa bekerja sama dengan Anda akan mendapatkan akses ke makanan lezat.

Untuk waktu bermain, keluarkan mainan untuk sesi permainan khusus, sediakan permainan tarik tambang, ambil, dan petak umpat. Mainlah berdua dengan anjing peliharaan. 

Ketika menjadi penyedia semua hal baik dalam hidup, anjing akan lebih mudah  mendengarkan Anda.  

Luangkan waktu empat mata setiap hari

Terakhir, cara membangun ikatan dengan anjing peliharaan adalah meluangkan waktu empat mata setiap hari. Ini tidak termasuk berjalan-jalan dan bermain di taman.

Waktu empat mata adalah 30 menit atau lebih waktu yang dihabiskan untuk bermain permainan otak, merawat, berjalan-jalan interaktif, bahkan berbicara dengan anjing peliharaan.

Ini adalah waktu tepat untuk berlatih membaca bahasa tubuh anjina, mengukur tingkat energinya untuk mengetahui apakah ia membutuhkan latihan ekstra, dan memperkuat hubungan dan kepercayaan yang sudah dimiliki dengan anjing peliharaan. 

Ditambah, ini adalah waktu yang tenang dan bebas stres yang dapat Anda nikmati bersama sahabat bulu. 

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/18/164500476/5-cara-membangun-ikatan-dengan-anjing-peliharaan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke