Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

12 Tanaman Herbal Ini Bisa Dijadikan Teh yang Menyehatkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Secangkir teh hangat bisa membuat kita merasa nyaman dan santai setelah hari yang padat. Namun demikian, Anda tidak hanya bisa menikmati teh yang terbuat dari daun teh.

Ada beberapa tanaman herbal yang dapat diseduh menjadi teh dengan berbagai manfaat untuk kesehatan. Misalnya, teh chamomile sudah lama dikenal karena memberikan manfaat bagi tubuh.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Jumat (17/2/2023), berikut beberapa tanaman herbal yang bisa dijadikan teh yang menyehatkan tubuh.

1. Lavender

Tunas ungu lavender yang diseduh dalam air panas menenangkan pikiran, membantu Anda tidur lebih nyenyak, dan memperbaiki tekstur kulit.

2. Lemon verbena

Masukkan 3 lembar daun lemon verbena ke dalam 4 gelas air dan didihkan selama 15 menit. Sajikan sebagai teh panas atau es teh.

Teh lemon verbena menyembuhkan nyeri sendi, insomnia, pilek, demam, dan masalah pencernaan.

3. Mint

Mint populer di kalangan pecinta teh herbal. Mint juga salah satu tanaman herbal yang mudah ditanam dan tumbuh.

Teh mint bisa meredakan gangguan pencernaan, sakit perut, dan kram perut.

4. Lemon balm

Tanaman herbal ini memiliki rasa lemon yang berbeda dan cocok dijadikan teh herbal. Lemon balm membantu mengobati sakit kepala, dan meredakan ketegangan dan gangguan pencernaan.

Lemon balm tumbuh dengan baik di tanah kering dan teduh parsial. Tanaman ini menyebar dengan kuat jika ditanam di kebun, jadi tanamlah dalam pot.

5. Jahe

Akar dan daun jahe digunakan untuk membuat teh. Jahe memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang menyembuhkan penyakit seperti pilek, flu, mual, dan meningkatkan pencernaan dan nafsu makan.

6. Thyme

Thyme atau timu adalah tanaman herbal yang efektif meredakan masalah perut dan sakit tenggorokan. Daun thyme bisa digunakan untuk membuat teh dan Anda juga bisa menambahkan bunganya.

7. Stevia

Daun stevia yang manis bisa diseduh untuk membuat teh. Pemanis alami ini digunakan sebagai pengganti gula dan baik untuk penderita diabetes.

8. Chamomile

Tanaman herbal ini secara tradisional digunakan untuk menginduksi tidur. Teh chamomile dibuat dari bunga putih dan kuning kecil daripada daunnya.


Chamomile menawarkan teh dengan rasa yang kuat.

9. Marjoram

Tanaman herbal ini memiliki rasa buah dan asam dengan sedikit rasa mint. Teh marjoram menyembuhkan berbagai masalah pencernaan dan perut, termasuk kurang nafsu makan, penyakit hati, batu empedu, gas usus, dan kram perut.

10. Rosemary

Teh rosemary meningkatkan pencernaan, meningkatkan fungsi kognitif, dan bertindak sebagai antioksidan, melindungi tubuh dari penyakit jantung dan kanker.

11. Sage

Ambil 1 sendok makan daun sage segar atau kering dan rendam selama tiga sampai lima menit dalam air mendidih. Saring dan campurkan madu secukupnya.

Teh sage membantu mengobati sariawan dan sakit tenggorokan.

12. Basil

Kemangi atau basil dapat dijadikan teh herbal. Teh yang merangsang relaksasi ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang membantu mengatasi kecemasan dan stres.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/17/084000876/12-tanaman-herbal-ini-bisa-dijadikan-teh-yang-menyehatkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke