Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Setrika dan Hal yang Harus Dihindari

Setrika yang lengket dan kotor ini tak lain berasal dari serat-serat pakaian yang menempel serta tidak melakukan pembersihan rutin. 

Kondisi ini bisa membuat setrika tidak bekerja optimal dalam merapikan pakaian yang kusut dan dapat mengotori pakaian yang disetrika. 

Karena itu, perlu membersihkan setrika dengan rutin. Dikutip dari Southern Living, Kamis (9/2/2023), Sabrina Fierman, ahli kebersihan dai New York’s Little Elves— layanan kebersihan kelas atas—membagikan cara membersihkan dan merawat setrika di rumah.

Jika tidak berhasil, Fierman mengatakan membersihkan setrika dengan membuat campuran 118 mililiter cuka putih dan 118 mililiter air, lalu tuangkan ke dalam penampungan setrika.

"Nyalakan dan atur untuk mengukus, tunggu lima menit, lalu tekan uap selama 30 detik, ulangi sekitar empat sampai lima kali," ucap Fierman. 

Setelah selesai, matikan setrika, biarkan dingin, dan tuangkan larutan cuka yang tersisa. Jangan ragu mengulangi proses ini dengan air suling untuk menghilangkan residu yang masih menempel pada setrika. 

Cara membersihkan bagian bawah setrika

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk membersihkan bagian bawah setrika atau elemen pemanas setrika.

"Dengan menggunakan cuka putih lagi, rendam kain katun bersih di dalam cuka, dan letakkan pelat setrika yang sudah dingin di atas kain tersebut," kata Fierman.

Pastikan menggunakan permukaan yang terlindungi atau tidak akan terpengaruh oleh cuka. Biarkan setrika di atas kain lap selama 30 menit dan bersihkan setelahnya. 

Jika membutuhkan sesuatu yang bersifat abrasif, Fierman menyarankan membuat pasta baking soda dan air dengan perbandingan 2:1. 

Cara lain membersihkan setrika adalah mengoleskan garam dalam jumlah banyak di atas kertas koran di atas papan setrika Anda. Atur setrika menjadi hangat, lalu setrika di atas garam dengan gerakan melingkar sampai bersih."

Jika kesulitan membersihkan lubang uap di bagian bawah setrika, pertimbangkan mengambil cotton bud dan gunakan ujungnya untuk membersihkan. 

Mirip dengan cara di atas, Anda dapat mencelupkan ujung cotton bud ke dalam cuka putih untuk pembersihan lebih efektif. 

Hal yang harus dihindari saat membersihkan setrika

Ada dua hal yang harus dihindari saat membersihkan setrika. Pertama, menggunakan produk pembersih yang sangat kuat.

"Hindari produk yang kuat yang dapat mempengaruhi lapisan luar setrika," saran Fierman.

Kedua, penggunaan air keran. Menggunakan air suling saat membersihkan setrika adalah yang terbaik karena tidak mengandung logam. Anda dapat menemukan air suling di toko obat atau toko bahan makanan terdekat. 

Seberapa sering membersihkan setrika? 

Frekuensi membersihkan setrika tergantung pada seberapa sering Anda menggunakannya. Fierman menyarankan menggunakan metode membersihkan setrika di atas sekitar sekali atau dua kali setahun sesuai kebutuhan untuk menjaga setrika tetap prima.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/09/132000676/cara-membersihkan-setrika-dan-hal-yang-harus-dihindari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke