Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Seberapa Sering Harus Membersihkan Kloset?

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika membersihkan kamar mandi, jangan pernah lupa untuk membersihkan kloset. Penting untuk membersihkan kloset secara efektif dan rutin untuk menghindari infeksi bakteri atau virus.

Akan tetapi, seberapa sering harus membersihkan kloset? Dikutip dari Prevention, Senin (6/2/2023), berikut penjelasannya.

Menurut Benjamin D Galvan, ahli pencegahan infeksi bersertifikat nasional di Tampa General Hospital dan komite komunikasi di Association of Professionals in Infection Control and Epidemiology, tidak ada angka pasti untuk seberapa sering Anda harus membersihkan kloset.

Galvan mengungkapkan, jadwal pembersihan harus bergantung pada seberapa sering kloset digunakan, dan seberapa baik kebersihan dan kebiasaan mencuci tangan Anda secara keseluruhan.

Rata-rata orang yang tinggal di rumah tangga satu orang sebaiknya membersihkan kloset sebulan sekali.

Akan tetapi, frekuensi itu mungkin tidak cukup, ungkap Joel Craddock, pelatih di International Sanitary Supply Association Cleaning Management Institute.

Itu artinya, imbuh Craddock, rata-rata orang menggunakan kamar mandi delapan kali sehari. Kalikan dengan jumlah orang di rumah, dan satu keluarga beranggotakan empat orang dapat menggunakan kloset sebanyak 64 kali sehari.

Craddock sendiri membersihkan kloset tiga kali seminggu dan sebelum dan sesudah tamu pergi. Dia juga membersihkannya lebih sering selama cuaca dingin dan musim flu untuk memastikan kuman terbunuh dengan benar.

Akan tetapi, ini benar-benar tergantung pada keluarga itu sendiri dan seberapa sehat individu tersebut.

Jika seseorang di rumah memiliki infeksi usus, seperti norovirus atau salmonella, pembersihan setelah setiap kali digunakan akan sesuai untuk mengurangi kemungkinan penularan ke orang lain di rumah, sebut Galvan.

Sementara itu, dikutip dari House Digest, sebenarnya ada berbagai pendapat ahli terkait membersihkan kloset.

Ada ahli yang berpendapat bahwa Anda harus membersihkan kloset seminggu sekali hingga dua mingguan hingga setiap hari tergantung seberapa sering digunakan.

Selain itu, jika Anda memiliki anak atau kondisi kloset yang sangat kotor, Anda harus membersihkannya lebih sering daripada jika Anda yang tinggal sendirian.

Menurut Carolyn Forte, direktur Good Housekeeping Lab, kloset juga harus didisinfeksi secara teratur. Ini terutama saat ada anggota keluarga yang sakit.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/06/110900976/seberapa-sering-harus-membersihkan-kloset-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke