Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini Cara Membasmi Ngengat Dapur

Ngengat dapur hanyalah nama dari jenis ngengat yang bertelur di produk makanan rumah tangga seperti biji-bijian, kacang-kacangan, tepung, bahkan makanan hewan peliharaan. 

Meski ada beberapa jenis yang dapat dianggap sebagai "ngengat dapur," menurut Moth Prevention—perusahaan yang fokus membasmi ngengat atau kerusakan akibat ngengat di rumah—, ngeangat Mediterranean pantry, ngeangat white-shouldered house, dan ngengat brown house adalah jenis yang paling umum. 

Ngengat ini berukuran kecil, terlihat berbintik-bintik coklat dan abu-abu, serta sering terbang dalam pola zig-zag. 

The National Pesticide Information Center mengatakan tanda serangan ngeangat adalah  menemukan ngengat dewasa di dapur karena ngengat betina dapat bertelur hingga ratusan telur di dalam atau sekitar makanan kering.

Larva mereka mampu mengunyah kotak kardus dan kantong plastik, yang berarti paket makanan yang belum dibuka pun berisiko terkena serangan ngeangat.  

Selain itu, Anda mungkin menemukan anyaman di sekitar kemasan, sekresi lengket yang menyebabkan makanan menggumpal, atau bau tidak biasa pada produk sereal dan biji-bijian yang semuanya bisa menjadi tanda serangan ngengat dapur.

Kabar baiknya, The Farmers' Almanac mengatakan serangan ngengat dapur kemungkinan besar bukan masalah pada rumah.

Kemungkinan besar telur-telurnya diletakkan di fasilitas produksi makanan atau tempat sampah toko bahan makanan sebelum produk makanan tersebut sampai di dapur. 

Namun, sambil menunggu perbaikan, sebaiknya membuang makanan yang terserang ngengat dapur, membersihkan wadah penyimpanan makanan dengan air panas dan sabun, serta menyedot debu atau menggosok lemari.

Pastikan wadah penyimpanan, rak, serta lantai dapur dalam keadaan kering sebelum digunakan kembali.

Jangan lupa membuang sampah berisi barang-barang yang terinfestasi segera setelah  membersihkan dapur untuk produk yang terinfestasi. 

The National Pest Control Center menyarankan memeriksa semua produk makanan di dapur jika memiliki serangan ngengat dapur untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

Makanan yang paling berisiko terserang ngengat dapur antara lain sereal, biji-bijian, kacang-kacangan, tepung, buah kering, biji-bijian, makanan hewani, rempah-rempah, teh, cokelat, dan permen.

Dari sana, simpan sisa makanan yang tidak terkontaminasi di dalam freezer pada suhu -17 derajat Celsius atau di bawahnya selama beberapa hari untuk membunuh telur yang mungkin ada sebelum meletakkannya kembali di dapur.

Kelompokkan barang-barang yang tidak terkontaminasi di satu area dapur untuk memantau serangan lebih lanjut sampai bantuan profesional datang memasang perangkap.  

Cara mencegah ngengat dapur

Ada beberapa cara sederhana mencegah serangan ngengat dapur, terutama jika rumah tangga menggunakan banyak barang kering yang dikemas dalam kotak kardus tipis atau kantong plastik sekali pakai.

Sebaiknya berinvestasi dalam wadah penyimpanan kaca atau plastik berdinding tebal untuk menuang barang-barang dapur ke dalamnya. Ini juga bisa emmbuat dapur Anda terlihat jauh lebih terorganisir dan menyenangkan secara estetika.

Selain itu, membersihkan tumpahan sesegera karena larva ngengat dapur dapat makan dan bertahan hidup dengan sedikit makanan yang bersembunyi di celah atau sudut lantai yang gelap.

Tutup juga jendela dan kasa pintu agar ngengat tidak masuk ke rumah.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/02/05/200142076/simak-ini-cara-membasmi-ngengat-dapur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke