Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Media Tanam Hidroponik agar Kuat dan Tumbuh Subur, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya tanaman dengan metode hidroponik saat ini menjadi satu pilihan populer masyarakat Indonesia. Hidroponik adalah cara budidaya tanaman dengan mengunakan media utama air atau biasa disebut bertanam tanpa tanah.

Namun, budidaya tanaman sistem hidroponik juga perlu media tanam untuk menyangga akar tanaman agar tetap kokoh.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (18/1/2023), media tanam hidroponik harus memiliki beberapa kriteria yang baik, antara lain sebagai berikut.

  • Memiliki daya serap dan mampu menyimpan air yang cukup
  • Strukturnya gembur
  • Kadar salinitas (kadar garam) harus rendah
  • Memiliki tingkat keasaman atau pH 6 sampai 7
  • Tidak mengandung organisme yang dapat menimbulkan penyakit dan hama

Ada banyak sekali media tanam yang bisa digunakan dalam teknik budidaya hidroponik. Namun demikian, media tanam apa yang terbaik?

Jawabannya adalah tergantung pada apa yang akan ditanam, sistem yang akan digunakan, harga yang murah dan ketersediaan di pasaran.

Berikut beberapa media tanam hidroponik yang dapat digunakan agar tanaman kokoh dan tumbuh subur.

1. Rockwool

Rockwool adalah salah satu media tanam yang berasal dari bebatuan kombinasi dari batuan basalt, batu kapur dan batu bara yang dipanaskan hingga suhu 1.600 oC hingga meleleh.

Rockwool banyak digunakan dalam budidaya tanaman hidroponik. Hal ini disebabkan karena perbandingan komposisi antara air dan udara yang tersimpan di dalam media tanam ini lebih seimbang bila dibandingkan dengan media tanam yang lain.

Rockwool memiliki pH lebih tinggi, yaitu sekitar 7,8 hingga 8,02.

Oleh karena itu, dalam pengaplikasiannya, rockwool perlu diberikan perlakuan khusus sebelum digunakan sebagai media tanam, yaitu dengan membasahinya dan meniriskannya hingga dalam kondisi tidak terlalulu lembap agar pH rockwool menjadi turun.

Rockwool bisa didapatkan dengan mudah di toko tanaman atau toko daring. Rockwool biasanya masih berbentuk blok berukuran panjang 7,5 cm x 15 cm x 100 cm.

Dengan demikian, sebelum digunakan harus dipotong-potong menjadi lebih kecil dengan ukuran 2,5 cm x 2,5 cm x 2,5 cm.

2. Cocopeat

Cocopeat adalah media tanam yang terbuat dari serbuk sabut kelapa dan merupakan media tanam yang ramah lingkungan.

Cocopeat memiliki daya serap air yang cukup tinggi, mampu menyimpan hingga 6 hingga 9 kali lipat dari volumenya, sehingga intensitas penyiraman larutan nutrisi dapat dilakukan lebih jarang.

Rentang PH yang dimiliki antara 5.0 sampai 6,8, sehingga cukup baik untuk perkembangan tanaman. Cocopeat bisa didapatkan dengan mudah di toko tanaman atau toko daring.

3. Arang sekam

Arang sekam tidak hanya digunakan dalam budidaya tanaman hidroponik, namun juga digunakan dalam berbagai macam tanaman pot. Arang sekam dibuat dari pembakaran tak sempurna atau pembakaran parsial sekam padi.

Media tanam arang sekam mempunyai daya ikat air yang sangat baik, dan juga memiliki aerasi yang cukup baik. Selain itu, media ini juga sebagai media organik dan juga ramah lingkungan.

Tingkat pH yang dimiliki oleh media ini cenderung netral, sehingga sangat baik untuk pertumbuhan akar tanaman.

4. Hydroton

Hydroton terbuat dari bahan tanah lempung yang dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil kemudian dipanaskan dalam suhu yang cukup tinggi. Ukuran hydroton beragam, ada yang berukuran 1 hingga 2,5 cm.

Hydroton akan menyerap air dan nutrisi lainnya yang dibutuhkan oleh tanaman, sehingga nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman akan didapat oleh bahan ini. Karena berbentuk bulatan maka bahan ini tidak akan merusak akar.

Selain itu, karena memiliki pH netral, maka kesehatan tanaman menjadi lebih terjaga.

Anda dapat menggunakan bahan ini berulang-ulang, jika ada lumut maka hanya perlu dicuci, dan Anda dapat menggunakannya kembali.


5. Pecahan batu bata dan genting

Pecahan genting dan batu bata juga bisa kamu gunakan sebagai media tanam hidroponik. Media tanam ini tergolong murah dan tersedia di mana-mana.

Media ini memiliki kemampuan pengairan dan aerasi yang baik. Selain itu, bahan ini juga memberikan dukungan yang memadai untuk pertumbuhan akar.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/18/131800976/5-media-tanam-hidroponik-agar-kuat-dan-tumbuh-subur-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke