Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Pupuk Organik Cair dari Rebung Bambu

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman bambu lazim ditemui di Indonesia. Rebung atau tunas bambu yang masih muda kerap dimanfaatkan sebagai bahan makanan, namun Anda juga dapat menggunakan rebung untuk pupuk tanaman.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (11/1/2023), rebung mengandung hormon giberellin, sehingga mampu merangsang pertumbuhan tanaman secara cepat.

Karena rebung bambu mengandung giberellin, maka pupuk organik cair dari rebung berfungsi untuk merangsang pertumbuhan vegetatif tanaman.

Selain itu, rebung juga mengandung mikroorganisme yang berguna, yaitu azotobacter dan azospirillium. Untuk itu, rebung bisa juga di jadikan sebagai bahan dasar pembuatan mikroorganisme logal (MOL).

MOL adalah bahan atau cairan yang mengandung mikro organisme hasil produksi sendiri dari bahan-bahan alami di sekeliling kita.

Bahan-bahan tersebut merupakan tempat atau sebagai media untuk hidup dan berkembangnya mikroorganisme yang berguna dalam mempercepat dekomposisi bahan bahan organik (dekomposer) atau sebagai tambahan nutrisi bagi tanaman.

Manfaat MOL antara lain sebagai berikut.

Cara membuat pupuk organik cair dari rebung bambu

Bersihkan rebung, kemudian rajang halus atau diblender. Masukkan rebung yang sudah dihaluskan ke dalam jerigen atau tong plastik.

Setelah itu, masukkan air cucian beras, baru masukkan air kelapa, kemudian diaduk rata.

Selanjutnya, jerigen atau tong plastik ditutup rapat dan dibuka setiap hari untuk menghilangkan gasnya. Dapat juga tutup jerigen dilubangi tengahnya dan diberi selang.

Ujung selang yang masuk ke dalam jerigen hanya sampai batas di atas bahan MOL, sedangkan ujung selang lainnya dimasukkan ke dalam botol yang telah diberi tiga perempat air hinga sampai ke dalam air untuk menghilangkan gas. Dengan demikian, jerigen tidak perlu dibuka setiap hari

MOL sudah jadi dan bisa digunakan setelah 14 hari dan baunya wangi seperti tape.

Cara menggunakan

Bila digunakan sebagai pupuk organik cair, tambahkan 1 liter MOL rebung ke dalam 15 liter air kemudian semprotkan ke daun secara merata.

Apabila digunakan sebagai dekomposer, tambahkan 1 liter MOL rebung ke dalam 5 liter air, kemudian siramkan secara merata pada bahan yang akan dikomposkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/11/210830776/cara-membuat-pupuk-organik-cair-dari-rebung-bambu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke