Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Ukuran Cermin Kamar Mandi yang Ideal?

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama pemasangan atau renovasi kamar mandi baru, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memilih ukuran cermin yang ideal untuk semuanya, mulai dari wastafel dan meja rias hingga cermin.

Meskipun pada akhirnya tergantung pada pilihan pribadi, ada beberapa tips dan trik untuk digunakan saat memilih ukuran cermin kamar mandi.

Dilansir House Digest, Rabu (11/1/2023) cermin benar-benar menawarkan berbagai manfaat di kamar mandi, termasuk menghadirkan lebih banyak cahaya, menciptakan daya tarik visual, dan mencerahkan area yang datar.

Memilih ukuran cermin kamar mandi pun bisa jadi rumit. Cermin kecil dapat terlihat bagus jika Anda menggunakan desain minimalis atau sederhana, tetapi juga dapat mempersulit saat ingin menggunakannya.

Cermin yang lebih besar pasti menambah dimensi dan drama, tetapi menggunakan cermin yang terlalu besar dapat membuang proporsi ruangan.

Jadi bagaimana Anda memutuskan ukuran yang tepat untuk cermin kamar mandi?

Aturan pengukuran

Salah satu cara termudah untuk menentukan ukuran cermin yang terbaik untuk kamar mandi adalah mulai dengan mengukur wastafel.

Bagian ini akan berfungsi sebagai faktor penentu segala sesuatu di sekitarnya karena wastafel adalah salah satu titik fokus utama di kamar mandi.

Bergantung pada seberapa lebar permukaan ini, Anda kemudian dapat menggunakannya sebagai alat pemandu untuk cermin.

Setelah meja wastafel diatur, praktik terbaik menurut Living Luxury Direct adalah menemukan cermin yang lebih pendek antara 2,5 dan 5 cm dari meja wastafel. Ini memberi ruangan skala dan dimensi, membuat semuanya tampak lebih menarik.

Namun, aturan ini bukanlah keputusan akhir, dan beberapa ruang terlihat bagus dengan cermin yang mengukur jarak yang sama dengan panjang meja. Ini terutama tergantung pada preferensi pribadi, tetapi tips ini memberikan titik awal untuk pengukuran.

Tinggi, ukuran, dan opsi lainnya

Jika Anda memiliki wastafel kembar, mungkin lebih baik memasang lebih dari satu cermin. Menambahkan dua cermin di atas wastafel tunggal mungkin menghilangkan keseimbangan, tetapi dengan dua cermin, aturan yang sama seperti di atas dapat diterapkan.

Sementara cermin yang lebih kecil dapat bekerja dengan baik di kamar mandi, Anda harus memikirkan untuk apa cermin itu akan digunakan sebelum memilih cermin yang terlalu kecil untuk digunakan.

Kamar mandi yang tidak sering digunakan dapat memperoleh manfaat dari pantulan yang lebih kecil karena biasanya digunakan untuk keperluan yang singkat, tetapi kamar mandi utama biasanya membutuhkan lebih banyak ruang visual.

Hal terakhir yang perlu dipikirkan adalah ketinggian cermin tidak boleh memotong bagian atas pantulan siapa pun.

Room Hints merekomendasikan untuk menggantungnya setidaknya 12 hingga 25 sentimeter di atas meja, jadi ada banyak ruang untuk orang yang lebih tinggi dan lebih pendek untuk melihat diri mereka sendiri.

Tempat terbaik untuk cermin terletak di antara perlengkapan pencahayaan, yang umumnya juga ditempatkan tepat di atas wastafel.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/11/111151076/berapa-ukuran-cermin-kamar-mandi-yang-ideal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke