Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Makanan yang Bisa Tetap di Kulkas dan Dibuang Setelah Mati Listrik

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah mati listrik atau pemadaman listrik untuk waktu yang cukup lama, Anda perlu mengecek makanan di kulkas. Beberapa makanan dapat tetap disimpan di kulkas, namun ada pula yang harus dibuang.

Dikutip dari Cookist, Senin (2/1/2023), selalu teliti setiap bahan makanan di dalam kulkas dan gunakan penilaian terbaik Anda. Setiap kali Anda ragu, bahan makanan tersebut harus dibuang.

Makanan aman di kulkas hingga 4 jam selama pemadaman listrik, menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan (AS).

Hindari membuka dan menutup pintu kulkas untuk memastikan kulkas tetap sedingin mungkin.

Setelah listrik padam, freezer akan mempertahankan suhu aman hingga 48 jam jika penuh dan hingga 24 jam jika setengah penuh. Selalu tutup pintu dan hindari membuka dan menutup pintu selama pemadaman, betapapun singkatnya.

Berikut beberapa makanan yang bisa tetap disimpan di kulkas dan harus dibuang setelah pemadaman listrik.

1. Bumbu dan saus

Selai, jeli, acar, zaitun, saus salad berbasis cuka, saus tomat, mustard, saus BBQ, kecap, saus worcestershire, saus hoisin, saus ikan, saus tiram, mayones, dan saus tartar harus disimpan di kulkas.

Sementara itu, saus spageti, saus pasta, dan bawang putih komersial dalam minyak harus dibuang.

Telur (mentah atau matang), susu, buttermilk, susu evaporasi, krim, krim asam, yogurt, kefir, keju lunak (blue cheese, Brie, Camembert, Edam, Monterey Jack, ricotta, mozzarella, Muenster, Neufchatel, chevre, queso Blanco, dan queso fresco), keju cottage, krim keju, keju parut, puding, custard, dan eggnog harus dibuang dari kulkas setelah mati listrik.

3. Keju keras dan semi-keras, serta mentega

Keju seperti Cheddar, Colby, Swiss, Parmesan, provolone, Manchego, Gruyere, Pecorino Romano, Mentega, margarin, keju olahan, Keju keras parut seperti parmesan bisa tetap disimpan di kulkas.

Tips keamanan pangan saat pemadaman listrik

Pertama, jangan mencicipi makanan untuk menilai kualitas makanan. Selain itu, jangan pernah mencicipi makanan saat mencoba menentukan apakah aman untuk dimakan atau tidak.

Jika Anda tidak yakin atau bahkan memiliki kecurigaan bahwa ada sesuatu yang tidak aman untuk dimakan, sebaiknya dibuang.

Gunakan termometer untuk memeriksa suhu kulkas setelah 4 jam. Jika berada pada atau di bawah 4,4 derajat celcius menurut FDA, makanan tetap aman dikonsumsi. Anda juga bisa mengecek suhu makanan dengan menggunakan termometer makanan.

Untuk pengawetan makanan lebih lanjut, es dapat dipertimbangkan untuk pemadaman listrik yang lama. Menurut FDA, Anda bisa membeli dry ice atau es balok untuk menjaga kulkas dan freezer.

https://www.kompas.com/homey/read/2023/01/02/153000276/makanan-yang-bisa-tetap-di-kulkas-dan-dibuang-setelah-mati-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke