Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Nasi Bisa Disimpan di Kulkas?

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak di antara kita tidak langsung mengonsumsi nasi yang dimasak pada hari itu. Salah satu solusi mengawetkan nasi adalah dengan menyimpannya di kulkas.

Akan tetapi, berapa lama nasi bisa disimpan di kulkas? Dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Jumat (23/12/2022), berikut penjelasannya.

Berapa lama nasi bisa disimpan di kulkas?

Menurut para ilmuwan di CSIRO, Anda bisa menyimpan nasi di kulkas selama empat hingga tujuh hari. Namun, mungkin harus membuang nasi yang sudah matang lebih awal dari jangka waktunya, bergantung pada bau nasi atau teksturnya.

Perlu diperhatikan bahwa aturan empat hingga tujuh hari berlaku untuk nasi putih. Adapun nasi merah sebenarnya akan lebih cepat kadaluwarsa.

Nasi putih bertahan di kulkas selama empat hingga tujuh hari. Jika Anda menyimpan beras dengan benar, umur simpannya akan lebih lama.

Namun, jangan sepenuhnya bergantung pada aturan umum ini. Gunakan indera penciuman atau tekstur nasi untuk membantu Anda menilai apakah nasi masih aman untuk dimakan.

Tanda-tanda nasi basi di kulkas

Tentu saja nasi bisa basi dan lebih cepat basi bergantung pada cara penyimpanannya. Berikut adalah beberapa tanda bahwa nasi tidak lagi aman untuk dimakan.

1. Baunya aneh

Jika nasi berbau agak aneh dan asam, itu mungkin pertanda bakteri sudah tumbuh di nasi, jadi sebaiknya buang saja.

2. Tekstur nasi kering, rapuh, dan keras

Nasi yang terlalu lama disimpan di kulkas akan kehilangan banyak kandungan airnya. Meskipun belum tercium aneh, ini adalah kondisi yang menandakan nasi sudah terlalu lama di kulkas. 

3. Nasi berlendir

Ini adalah tanda bahwa nasi terlalu lembap saat disimpan di kulkas. Kondisi ini mendorong pertumbuhan bakteri dan mengarah ke tahap pertama fermentasi.

Bisakah menyimpan nasi di freezer?

Ya, Anda bisa menyimpan nasi di freezer. Membekukan nasi adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa Anda tidak membiarkan sisa nasi menjadi tengik di kulkas dan Anda dapat dengan mudah mencairkannya kapan saja dikonsumsi.

Namun, Anda harus menambahkan sedikit kelembapan ke dalam nasi, mungkin sedikit minyak zaitun atau mentega, karena sedikit air yang hilang melalui proses pembekuan.

Nasi di kulkas akan bertahan kurang dari seminggu, tetapi nasi beku akan memiliki masa simpan antara enam hingga delapan bulan di dalam freezer sebelum tidak layak dikonsumsi.

Jika Anda memasak nasi dalam jumlah besar, menyimpannya dalam wadah kedap udara dan membekukannya adalah cara yang baik untuk mempersingkat waktu persiapan makanan dan menghilangkan pemborosan makanan.

Cara menyimpan nasi di kulkas

1. Biarkan nasi dingin sebelum disimpan di kulkas

Biarkan nasi dingin dengan benar sebelum Anda memasukkannya ke dalam kulkas. Menyimpan nasi di kulkas saat masih panas dapat membuat kelembapan terkumpul , yang mendorong pertumbuhan bakteri dan membuat nasi lebih cepat rusak.

2. Gunakan wadah kedap udara

Jauhkan kelembaban yang tidak diinginkan dari nasi yang didinginkan dengan menggunakan kantong plastik yang dapat ditutup kembali, atau wadah kedap udara. Semakin sedikit paparan bakteri, semakin aman untuk dimakan keesokan harinya.

3. Hanya panaskan kembali sebelum dikonsumsi

Memanaskan kembali dan mendinginkan nasi berkali-kali menciptakan peluang bagi bakteri untuk tumbuh, jadi ambil porsi yang ingin Anda makan dan panaskan. Jika Anda memiliki terlalu banyak sisa nasi, maka bekukan.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/23/184000076/berapa-lama-nasi-bisa-disimpan-di-kulkas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke