Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Mencuci Wajan dan Panci Stainless Steel agar Tampak Seperti Baru

JAKARTA, KOMPAS.com - Wajan dan panci stainless steel adalah peralatan masak yang banyak digunakan. Wajan dan panci stainless steel memanas dengan cepat dan merata, mempertahankan panas dengan baik, dan tidak memerlukan peralatan khusus atau perawatan yang rumit.

Selain itu, karena bahannya non-reaktif, Anda bisa memasak apa saja dalam panci stainless steel tanpa khawatir merusak permukaannya.

Namun, meskipun stainless steel dirancang untuk menahan korosi dan karat, bahan ini tidak tahan terhadap kotoran dan perubahan warna karena gosong. Dengan penggunaan sehari-hari muncul noda, noda air, dan bekas membandel lainnya, jadi penting untuk mengetahui cara membersihkan panci stainless steel dengan benar.

Dikutip dari Better Homes & Gardens, Senin (19/12/2022), berikut cara membersihkan panci stainless steel agar tampak seperti baru lagi.

Sebelum Anda mulai, periksa petunjuk produsen untuk tips mencuci tertentu. Meskipun banyak jenis peralatan masak yang dipasarkan aman untuk mesin pencuci piring, mencuci dengan tangan biasanya merupakan cara membersihkan panci stainless steel yang terbaik.

Untuk menghindari bengkok, selalu biarkan peralatan masak dingin sebelum dibersihkan.

Jangan pernah menggunakan alat abrasif seperti sabut baja atau pembersih kasar seperti pemutih atau pembersih oven pada panci stainless steel, karena dapat merusak permukaan secara permanen.

Untuk pembersihan sehari-hari, gosok panci stainless steel dengan air sabun panas dan spons nonabrasif. Jika masih ada sisa makanan yang menempel, isi panci dengan air sabun secukupnya untuk menutupi sisa makanan, didihkan, dan kikis dengan spatula atau sendok kayu.

Sisa makanan harus dikikis mudah. Biarkan panci mendingin, lalu cuci seperti biasa.

Kotoran yang lebih membandel, termasuk makanan atau minyak gosong, mungkin memerlukan metode pembersihan yang lebih abrasif. Untuk cara mudah dan murah membersihkan panci stainless steel gosong, ambil sedikit soda kue.

Tambahkan beberapa sendok soda kue ke dalam wajan atau panci bersama dengan air secukupnya untuk menutupi area yang terbakar. Didihkan dan didihkan sampai sebagian besar air menguap.

Matikan api dan tunggu sampai panci cukup dingin untuk dipegang. Gosok penumpukan dengan spons nonabrasif dan cuci dengan air sabun yang panas.

Cara lainnya, Anda dapat menggunakan pembersih komersial untuk membersihkan panci stainless steel, mengikuti petunjuk produsen.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/19/111926376/cara-mencuci-wajan-dan-panci-stainless-steel-agar-tampak-seperti-baru

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke