Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Manfaat Memiliki Rumah yang Bersih dan Rapi

Namun, rumah yang bersih dan rapi tidak sekadar berpengaruh terhadap kenyamanan, tetapi juga memiliki beragam manfaat yang jarang disadari orang.

Dilansir dari Oh So Spotless, Selasa (6/12/2022), berikut ini adalah sepuluh manfaat memiliki rumah yang bersih dan rapi.

Jika kamu mencari istirahat yang lebih baik, direkomendasikan untuk merapikan kamar tidurmu sebagai titik awal yang baik.

Kuman lebih sedikit, penghuni rumah lebih sehat

Mendisinfeksi dan membersihkan segala permukaan akan membersihkan rumahmu dari kuman, bakteri, dan virus.

Sebagai imbalannya, keluargamu akan terkena lebih sedikit kuman dan penyakit saat mereka menjalani kehidupan sehari-hari di rumah.

Jadi, jika kamu mendapatkan keluargamu di rumah sering sakit, sesuaikan jadwal pembersihan dan bersihkan lebih sering bersama penghuni rumah lainnya.

Kamu akan lebih produktif

Ketika merapikan meja kerjamu, kamu akan tahu manfaat instannya pada alur kerjamu, seperti langsung menjadi lebih produktif dan menghabiskan lebih sedikit waktu untuk mencari dokumen, file, dan item penting lainnya.


Hal yang sama berlaku untuk rumahmu. Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan fisik kita dapat secara langsung memengaruhi emosi, perilaku, dan produktivitas kita.

Rumah yang berantakan atau kotor dapat meningkatkan stres dan kecemasan, yang mana itu mengurangi fokus.

Dari sudut pandang higienis dan kesehatan, membersihkan rumah secara teratur dapat mengurangi keberadaan jamur.

Perlu diingat bahwa jamur adalah hal yang buruk untuk dimiliki di rumahmu. Ini karena jamur bisa memicu reaksi alergi, serangan asma, bahkan menghasilkan zat beracun yang menyebabkan gejala yang lebih ekstrim.

Membersihkan dan mendisinfeksi secara teratur, serta membatasi kelembapan akan mengurangi jamur di rumahmu

Rumahmu akan menjadi tempat yang lebih sehat untuk teman, keluarga, dan penghuni rumah lainnya.

Rumah bersih sama dengan kebahagiaan

Manfaat yang kurang diketahui orang-orang dari membersihkan rumah adalah meningkatkan kebahagiaan.

Banyak penelitian telah dilakukan mengenai hal ini. Mencuci piring dapat mengurangi kegugupan hingga 27 persen dan meningkatkan inspirasi hingga 25 persen.

Bawa kesadaran ini ke seluruh rutinitas pekerjaan rumah tangga dan kamu akan merasa lebih bahagia saat melakukannya dan setelahnya.

Mengurangi gejala alergi

Jika ada orang di rumahmu yang menderita alergi dan asma, menjaga kebersihan rumah sangatlah penting.


Kamu perlu menyingkirkan pemicu alergi, ini mungkin termasuk debu, bulu hewan peliharaan, jamur, dan hama.

Melakukan pekerjaan rumah sendirian adalah tugas yang berat dan terlalu banyak tanggung jawab, terutama jika ada orang lain yang tinggal di rumah tersebut.

Jadi, ide bagus untuk duduk bersama anggota keluarga lainnya dan merencanakan rutinitas pembersihan yang cocok untuk semua orang.

Tugas ini jadi bisa sangat menyenangkan untuk dibersihkan bersama. Kamu dapat menyalakan musik, bergembira, dan setelah itu menikmati rumah yang bersih dan rapi bersama.

Menjauhkan hama

Rumah yang bersih bukanlah lingkungan yang menyenangkan bagi serangga dan hama.

Jadi, apabila kamu ingin mengusir hama, jaga kebersihan rumahmu, sering-seringlah vakum, dan singkirkan tanaman mati dan apa pun yang membusuk.

Menyingkirkan serangga lain juga akan mencegah laba-laba menghuni rumahmu. Jika kamu takut dengan laba-laba, berurusan dengan serangga yang ada terlebih dahulu dapat membantu.

Tidak ada bau menjijikkan

Menyingkirkan bau tak sedap bisa jadi rumit. Tapi, apabila kamu menjaga kebersihan dan kerapian rumah, serta tetap melakukan pekerjaan rumah tangga, kemungkinan besar dirimu tidak akan mencium bau tak sedap.

Tidak membuat malu


 

Jika kondisi rumahmu bersih dan rapi, itu akan lebih ramah untuk menyambut tamu maupun tetangga saat berkunjung sehingga tidak membuatmu malu.

Jadi, jika ada tamu yang datang tiba-tiba, rumahmu yang bersih dan rapi sudah siap menyambut mereka.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/12/06/182400576/10-manfaat-memiliki-rumah-yang-bersih-dan-rapi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke