Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Punya Ruang Tamu Kecil? Gunakan 6 Elemen Dekorasi Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki ruang tamu yang kecil membutuhkan pertimbangan yang besar dalam mendekorasinya.

Tak seperti ruang tamu berukuran besar, dalam mendekorasi ruang tamu kecil, Anda perlu memilih furnitur yang akan diletakkan di dalamnya, agar ruangan tidak semakin terlihat kecil. 

Dilansir Real Homes, Selasa (15/11/2022), saat bekerja dengan ide ruang tamu yang lebih kecil , sangat penting untuk lebih memerhatikan item yang Anda pilih untuk dibeli, karena masing-masing akan mengambil bagian ruang berharga di ruangan kecil itu.

Ada begitu banyak ide ruang tamu kecil, dan berikut beberapa item atau furnitur yang bisa menjadi pilihan tepat untuk ruang tamu kecil Anda. 

1. Ukuran sofa yang tepat

Berapa pun ukuran ruang tamu, sofa akan menjadi titik fokus ruang tamu mana pun, jadi penting untuk memilihnya dengan benar. Mulailah dengan mempertimbangkan apa yang sebenarnya Anda inginkan.

Apakah Anda ingin memberikan kenyamanan ruang tamu kecil dengan sofa besar atau Anda ingin memastikan masih ada banyak ruang dan memilih sesuatu yang lebih ramping?

Jen dan Mar dari Interior Fox mengatakan, banyak orang mengira mereka membutuhkan sofa kecil di ruang tamu yang kecil tetapi sebenarnya mengisinya dan mendapatkan sofa terbesar yang sesuai dengan ruang akan membuatnya terasa lebih nyaman dan lebih besar.

Pilih sofa yang memiliki kaki, ini akan memperlihatkan lebih banyak lantai dan memberikan ilusi ruang.

Sofa sudut besar dapat menjadi penggunaan ruang yang sangat efisien karena dapat menempel di dinding ruang tamu dan tidak akan memakan terlalu banyak ruang visual, terutama jika Anda memilih warna yang lebih terang.

2. Pouf yang serbaguna

Maksimalkan ruang di ruang tamu yang ringkas dengan berinvestasi pada furnitur multifungsi.

Bangku ottoman adalah furnitur yang bagus, ini berfungsi sebagai tempat duduk tambahan saat tamu berkunjung, ini menciptakan penyimpanan ekstra, dan yang terbaik, tempat untuk meletakkan kaki Anda di penghujung hari yang panjang, kata Mar.

Pouf dapat digunakan sebagai alternatif meja kopi hanya dengan menambahkan nampan di atasnya untuk menampung tanaman, buku, dan secangkir kopi.

Cukup keluarkan baki dan posisikan ulang pouf Anda ke samping untuk tempat duduk tambahan instan, atau perlakukan itu seperti tumpuan kaki. 

3. Rak terbuka

Tidak diragukan lagi bahwa penyimpanan sangat penting untuk setiap ruangan di rumah, dan itu termasuk penyimpanan di ruang tamu. Tetapi ketika Anda memiliki ruang yang lebih kecil, ini bisa menjadi tindakan penyeimbang antara memasukkan penyimpanan yang cukup dan menjaga ruang Anda tetap terbuka dan lapang.

Jaga kekacauan dengan berinvestasi di unit rak atau rak buku yang berdiri sendiri. Gunakan rak atas dan bawah sebagai tempat penyimpanan, gunakan keranjang anyaman bergaya untuk menyimpan barang yang tidak terlihat, saran Jen. 

Rak apung adalah ide bagus untuk menyimpan barang-barang dekoratif seperti buku, bingkai foto, dan tanaman.

Pilih ide rak dengan warna yang sama dengan dinding sehingga menyatu dengan latar belakang dan membuat ruang Anda terasa lebih besar.

4. Karpet besar

Salah satu kesalahan desain yang paling sering terlihat adalah ukuran karpet ruang tamu. Banyak orang memilih bentuk persegi panjang yang duduk seperti sebuah pulau di tengah ruangan, dengan sofa dan kursi yang bertebaran di sekelilingnya.

Ini, pada kenyataannya, menciptakan terlalu banyak garis di ruangan dan akan membuat ruangan Anda terlihat dan terasa lebih kecil dari aslinya.

Tips desain terbaik kami adalah memastikan untuk meletakkan karpet di bawah bagian depan sofa. Ini akan menyatukan furnitur utama Anda.

Untuk menghindari ruangan terasa sesak, berikan ruang yang cukup pada karpet dari dinding, pastikan sisi lantai terbuka, ujar Jen. 

5. Pencahayaan yang tepat

Pencahayaan dapat membuat atau menghancurkan skema, dan ini sangat berguna untuk menambahkan atmosfer ke ruang kecil dan zonasi area tertentu.

Selain itu, penting untuk memiliki opsi pencahayaan tugas, atau pencahayaan di atas kepala, untuk memberikan cahaya yang lebih terang saat Anda membutuhkannya.

6. Karya seni

Meskipun Anda mungkin tergoda untuk menjaga semua dinding Anda bebas dari kekacauan di ruang tamu yang kecil, menggantung beberapa karya seni besar dapat menghadirkan warna dan kepribadian itu tanpa terlalu membebani ruang.

Tetap gunakan karya seni besar sebagai ide dinding ruang tamu, karena Anda berisiko menambah kekacauan jika Anda mengelompokkan banyak yang lebih kecil menjadi satu.

Pilih juga skema warna umum agar tetap terlihat kohesif dan tidak terlalu ramai dan pilih bingkai yang sangat sederhana agar tampilan keseluruhan terasa bersih dan modern.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/11/15/215800276/punya-ruang-tamu-kecil-gunakan-6-elemen-dekorasi-ini-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke