Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

SMA dan Alma Del Bosque Jalin Kerja Sama untuk Budi Daya Anggrek

Tujuan kerja sama ini untuk mengembangkan budi daya tanaman anggrek di Indonesia dan memperbaiki kualitasnya. Selain itu, perbaikan teknik dan teknologi budi daya, menghasilkan bibit anggrek yang unggul, teknik penanaman, hingga cara pemasaran anggrek. 

Kerja sama dengan Alma Del Bosque dipilih karena Kolombia merupakan penghasil paling banyak tanaman hias, termasuk anggrek, serta anggrek menjadi bunga nasional negara itu.

Dengan kerja sama ini, diharapkan juga kedua negara, yakni Indonesia dan Kolombia, bisa bekerja sama menambah jenis-jenis anggrek yang dapat diperkenalkan di pasaran serta menghasilkan kualitas bunga anggrek Indonesia yang setara dengan internasional. 

Riantini S. Wanandi, pendiri SMA, berharap kerja sama kedua perusahaan ini berjalan baik, lancar, serta terus bertahan lama. Saat ini, harapannya memperoleh bibit anggrek berkualitas dari Indonesia, bukan untuk investasi atau ekspor dulu 

"Sebab, kebanyakan bibit-bibit yang dijual pengusaha anggrek itu impor karena dianggap lebih bagus dan berpengalaman. Kita pengin maju dan mencoba buat bibit lokal" kata Riantini kepada Kompas.com di Hotel JS Luwansa, Jakarat, Senin (31/10/2022). 

Riantini mengatakan banyak petani anggrek yang mengeluhkan tentang sulitnya membeli bibit anggrek, dari hanya dibatasi, harga yang mahal, dan tidak ada yang berkualitas. "Yang berkulitas itu dari luar, tapi (harganya) mahal," imbuhnya. 

Karena itu, SMA ingin menghasilkan bibit anggrek yang unggul dengan harga terjangkau pada petani-petani tanpa harus menggunakan bibit impor untuk membudidayakan anggrek sendiri. 

Lina Maria Molina, Chief Operating Officer Alma Del Bosque, menjelaskan bahwa perusahaannya sudah memiliki sekitar 5.000 spesies dari 15 ribu jenis anggrek. 

"Anggrek-anggrek ini tidak hanya berasal dari Kolombia, tapi juga negara-negara lain," ujarnya. 

Alma Del Bosque kerap membagikan cara budi daya anggrek kepada para pencinta tanaman bunga ini di seluruh dunia, baik secara daring maupun luring. 

Perusahaan yang ada sejak 2015 ini juga konsisten membagikan video tutorial pengelola berbagai jenis tanaman anggrek. 

"Filosofi kami di Alma del Bosque adalah memberikan rasa antusiasme, menumbuhkan kecintaan, mengajarkan keahlian, melestarikan, mengajarkan, dan memperkenalkan kembali spesies berbagai tanaman anggrek ke habitat aslinya," ucap Lina.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/31/225500376/sma-dan-alma-del-bosque-jalin-kerja-sama-untuk-budi-daya-anggrek

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke