Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Kompor Induksi Mengeluarkan Suara? Penyebab dan Solusinya

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada dua hal yang kemungkinan diperhatikan oleh mereka yang menggunakan kompor induksi untuk pertama kali. Pertama, kompor induksi memanas dengan cepat dan kedua, kompor induksi mengeluarkan suara.

Dilansir Home Cook World, Selasa (25/10/2022), suara mendengung atau mendesis yang dikeluarkan kompor induksi mungkin bukan berasal dari kompor, tapi dari peralatan masak.

Panci dan wajan besi cor yang berat kurang rentan terhadap kebisingan daripada panci dan wajan stainless steel multilapis. Sederhananya, ini normal untuk semua kompor induksi dan Anda tidak perlu panik.

Dibandingkan dengan kompor lain yang mengandalkan konduksi, yakni salah satu dari empat metode perpindahan panas, kompor induksi sangat berbeda.

Konduksi adalah saat Anda menyalakan api gas atau menghangatkan kumparan atau panel listrik sehingga Anda dapat mentransfer panas ke panci atau wajan.

Konduksi dianggap sebagai metode perpindahan panas "tidak langsung", sedangkan induksi adalah metode "langsung."

Kompor induksi sangat efisien, bahkan tidak mengeluarkan panas sama sekali. Kompor induksi menginduksi muatan listrik yang memanaskan wajan dan panci.

Kompor induksi bekerja dengan mengalirkan arus bolak-balik (AC) melalui kumparan tembaga yang terletak di bawah setiap zona memasak. Dengan demikian, kompor induksi menciptakan medan magnet berosilasi di atasnya.

Medan magnet yang berosilasi diambil oleh panci dan panci feromagnetik, yang menginduksi mereka dengan muatan listrik yang disebut arus eddy.

Arus eddy sangat kuat, membuat partikel panci dan wajan bergetar. Ini menciptakan gesekan, yang, pada gilirannya, menghasilkan panas dari dalam.

Begitulah cara kompor induksi mampu menginduksi panas langsung ke panci dan wajan.

Suara mendesis dan mendengung tidak berasal dari kompor tetapi dari peralatan masak. Semakin tinggi Anda menyalakan panas, semakin keras suara yang dihasilkan.

Ketika sesuatu yang kuat menciptakan medan magnet yang berosilasi begitu kuat, tidak perlu waktu lama untuk membuat panci dan wajan mengeluarkan suara.

Sebagai aturan umum, wajan besi cor yang cenderung tidak terlalu berisik dibandingkan wajan stainless steel multilapis atau wajan antilengket dengan bodi aluminium dan dibaut atau dipaku pegangannya.

Menurut GE, cara untuk mengurangi kebisingan adalah dengan menggunakan lebih sedikit daya dan memastikan zona memasak tertutup sepenuhnya oleh panci atau wajan.

Jika Anda kesulitan mengabaikan kebisingan, cobalah dengan panci dan wajan yang berbeda sampai Anda menemukan yang "paling tenang" untuk kompor induksi.

Alasan lain mengapa kompor induksi mungkin berdengung atau mengeluarkan suara, menurut AEG, mungkin karena kipas pendingin di dalamnya sedang bekerja.

Meskipun kompor induksi sendiri tidak memiliki elemen pemanas, wadah memasak yang Anda gunakan dapat mentransfer panas dalam jumlah besar ke permukaan kaca-keramik.


Untuk melindungi elektronik di dalamnya, sebagian besar produsen akan menempatkan satu atau lebih kipas pendingin yang terlihat dan berfungsi sangat mirip dengan yang ada di laptop. Kipas ini mungkin harus bekerja keras saat Anda memasak dengan panas maksimum.

Namun, jika Anda tidak yakin dengan suara bising yang berasal dari kompor induksi, sebaiknya hubungi pusat layanan pabrikan dan mintalah bantuan teknisi untuk memeriksanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/25/074700776/kenapa-kompor-induksi-mengeluarkan-suara-penyebab-dan-solusinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke