Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Meletakkan Kulkas Berdempetan dengan Tembok dan Perabot Lain, Amankah?

Kulkas perlu diletakkan cukup jauh dari sumber panas seperti oven dan sinar matahari langsung dari jendela lantaran dapat membuat kulkas bekerja lebih keras untuk mempertahankan suhu internal, yang akhirnya dapat berpotensi memperpendek usia penggunaan. 

Karena itu, penempatan kulkas perlu dijauhkan dari segala sumber panas, baik peralatan elektronik maupun sinar matahari. Walhasi, banyak orang meletakkan kulkas di dekat tembok dan perabot lain seperti meja dapur atau lemari dapur.

Namun, boleh meletakkan kulkas secara berdempetan dengan perabot lain?

Disadur dari Mr. Appliance, Jumat (21/10/2022), desain kulkas telah berkembang selama beberapa dekade terakhir. Salah satu perubahan paling signifikan adalah relokasi koil dari belakang ke bawah kulkas.

Penempatan belakang memberi jarak yang lebih alami antara koil dan dinding. Ini berguna meningkatkan sirkulasi udara serta memungkinkan panas yang dihasilkan untuk menghilang.

Namun, dengan konfigurasi terbaru, menaruh kulkas tepat di sebelah ruang-ruang dinding yang terlalu dekat dapat menghambat aliran udara.

Selain itu, posisi ini mencegah koil yang dipanaskan menjadi dingin. Tanpa ventilasi yang baik, koil bisa menjadi terlalu panas.

Unit pun dapat langsung menunjukkan gejala atau memburuk secara perlahan seiring waktu dengan masalah yang mungkin mencakup:

Selain itu, untuk mengakomodasi ruang freezer yang lebih besar di bagian atas atau bawah kulkas. 

Terlepas dari model kulkas dan posisi koil, untuk mengetahui jarak ideal kulkas dengan tembok sembari memungkinkan ventilasi yang memadai, ukur kulkas dengan memperhatikan deretan hal berikut ini: 

  • Rencanakan jarak antara 1,27 sentimeter (cm) hingga 2,54 cm di kedua sisi kulkas.
  • Berikan ruang antara 2,54-5,08 cm di bagian belakang kulkas untuk aliran udara yang tepat.
  • Pastikan ada jarak minimum 1,27-2,54 cm di atas kulkas.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/21/155800276/meletakkan-kulkas-berdempetan-dengan-tembok-dan-perabot-lain-amankah-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke