Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Sampai Salah, Ini 5 Ciri-ciri Kucing Anggora

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada banyak ras kucing di dunia, salah satunya kucing anggora yang sering dikatakan berpenampilan mirip dengan kucing Persia.

Bagi yang kurang familiar dengan ras kucing, mereka mungkin mengatakan bahwa kucing berbulu panjang adalah kucing anggora, begitu pula sebaliknya.

Padahal, kucing anggora dan kucing Persia adalah dua ras kucing yang berbeda. Bahkan, masing-masing memiliki karakteristik yang cukup berbeda.

Lantas, bagaimana cara membedakan kucing anggora dari kucing Persia? Berikut Kompas.com rangkum ciri-ciri kucing anggora dari berbagai sumber, Sabtu (15/10/2022).

1. Berhidung panjang dan berkepala V

Disadur dari Kompas.com, Kamis (10/2/2022), hidung kucing anggora lebih panjang daripada kucing Persia. Kepalanya pun membentuk huruf V.

Sementara itu, kucing Persia memiliki wajah yang pendek dan datar. Bentuk kepalanya pun bulat dan hidungnya sangat pendek.

2. Matanya besar seperti kacang almond

Untuk mata, mereka berukuran besar, berbentuk seperti kacang almond, dan terletak sedikit miring ke atas. Warna setiap bola mata bisa berbeda-beda.

3. Telinganya tegak lurus dan berjumbai

Ciri-ciri lainnya dari kucing anggora adalah telinganya memiliki posisi yang berdekatan, tegak lurus, dan berjumbai. Tentunya, ini berbeda dengan telinga kucing Persia yang posisinya lebih rendah.

Terkait bulu, kucing anggora memiliki bulu panjang sedang. Artinya, mereka sedikit lebih pendek daripada kucing Persia.

5. Warna bulunya beragam

Warna dan pola bulunya datang dalam banyak variasi, tetapi warna tradisionalnya adalah putih. Dikutip dari Pet MD, warna putih bahkan telah menjadi warna yang disukai untuk waktu yang cukup lama.

Padahal, kucing anggora secara alami memiliki warna bulu yang bervariasi, bahkan jumlah warna bulu kucing ini bisa mencapai lebih dari 20.

6. Bertubuh ramping

Kucing anggora memiliki tubuh yang panjang, kaki yang panjang dan ramping, serta ekor yang panjang. Mereka adalah ras kucing bertulang mungil dan berdada ramping.

Jika dibandingkan dengan kucing Persia, mereka bertubuh lebar seperti persegi dan berotot. Kaki dan ekornya pun pendek.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/15/132600176/jangan-sampai-salah-ini-5-ciri-ciri-kucing-anggora

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke