Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Membuat Tugas Membersihkan Dapur Jadi Mudah

Namun, melewati tugas membersihkan dapur bukanlah langkah yang bijak untuk dilakukan karena segala macam makanan maupun masakan diolah di ruangan satu ini.

Agar proses membersihkan dapur bisa menjadi mudah, terdapat beberapa hal yang bisa kamu lakukan.

Dilansir dari The List, Selasa (11/10/2022), berikut ini lima hal yang membuat tugas membersihkan dapur jadi mudah dikerjakan.

Pertama, biasakan untuk memeriksa kondisi dapur dengan cepat sebelum tidur. Pastikan tidak ada piring yang tertinggal di bak cuci piring semalaman.

Singkirkan semua barang dapur yang digunakan untuk memasak pada hari itu dan bersihkan meja dapur. Buang sampah agar makanan mentah tidak tertinggal di dapurmu semalaman.

Jika kamu ingin melangkah lebih jauh, gunakan metode 'clean as you go' (membersihkan saat kamu pergi).

Setelah makanan dimasukkan ke dalam oven (microwave dan sebagainya), gunakan waktu itu untuk membilas piring dan memuat mesin pencuci piring atau menggosok wastafel dan membersihkan meja dapur.

Sebulan sekali kamu harus membersihkan bagian dalam dan luar kulkas, mesin pencuci piring, dan kompor.

Meskipun kulkas disimpan pada suhu dingin, beberapa bakteri (seperti listeria) berkembang biak di lingkungan itu.

Sementara kompor mencapai suhu yang sangat tinggi juga dapat menampung patogen.

Ahli mikrobiologi, Philip Tierno Jr., Ph.D, mengatakan kalau tidak sedikit orang cenderung agak abai membersihkan kompor.

Padahal percikan atau tumpahan makanan yang tidak segera dibersihkan bisa menjadi media yang baik untuk pertumbuhan mikroba.

Sementara itu, microwave yang kotor dapat membuatmu sakit sehingga peralatan dapur satu ini perlu dibersihkan seminggu sekali.

Sediakan tempat untuk sisa makanan

Siapa pun yang pernah memasak tahu bahwa persiapan adalah bagian yang paling berantakan. Jadi, bersiaplah bahkan sebelum kamu mulai.

Kamu disarankan untuk menyimpan mangkuk kompos di wastafel dapur atau bak cuci piringmu.

Saat memotong sayuran atau daging, kamu dapat langsung menyingkirkan bagian-bagian yang tak diinginkan ke dalam mangkuk.

Jika tidak memiliki (atau menginginkan) mangkuk kompos, kamu dapat menggantinya dengan kantong plastik kecil, kemudian buang saat persiapan untuk memasak sudah selesai.


Hilangkan kekacauan di meja dapur untuk menjauhkan kuman

Meskipun kamu mungkin memiliki peralatan makan yang luar biasa dan sebagainya, menyimpannya di atas meja dapur bukanlah hal yang ideal.

Jadi, memiliki terlalu banyak barang di meja dapur hanya akan membuatnya terlihat berantakan.

Stephanie Cooper dari Energy Cleaning memberi tahu bahwa menyeka setiap barang di meja dapur dengan benar setiap minggu adalah mimpi buruk dari sudut pandang pembersih.

Karena persiapan makanan yang berantakan dan tumpahan maupun percikan terjadi secara teratur, kamu harus membersihkan apa pun yang disimpan di meja dapurmu setiap kali ada kekacauan.

Selain itu, Cooper mengatakan kalau barang-barang yang disimpan di meja dapur juga mengumpulkan debu.

"Dari sudut pandang kesehatan, tidak disarankan untuk menyimpan benda-benda berdebu di dekat tempat kamu menyiapkan makanan atau makan," kata Cooper.

Saran ini juga berlaku untuk talenan, mug, pisau, dan wadah penyimpanan. Tapi, beberapa barang yang harus disimpan di meja dapur adalah peralatan kecil yang sering digunakan dan mudah dibersihkan, seperti teko teh atau teko kopi.

Jaga semua peralatan pembersih tetap teratur

Dengan semua pembersihan yang akan kamu lakukan di dapur, menyimpan persediaan pembersih yang berguna tidak dapat dinegosiasikan.

Ini termasuk pembersih oven yang baik, pembersih pencuci piring, disinfektan yang dirancang untuk digunakan di dapur, pembersih serba guna, kain pembersih serat mikro, dan pel serta ember yang bagus.

Setelah memiliki bahan pembersih yang diperlukan, kamu tidak perlu terus membelinya lagi.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/11/125100476/5-hal-yang-membuat-tugas-membersihkan-dapur-jadi-mudah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke