Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bermain dan Membelai Anjing Peliharaan Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Tak heran, banyak pemilik anjing bermain atau meringkuk bersama sahabat bulu setelah seharian bekerja. 

Rupanya, manfaat yang diperoleh lebih dari sekadar pelukan anak anjing dan kegembiraan, yakni berdampak positif bagi kesehatan fisik pemiliknya. 

Dilansir dari Mental Floss, Selasa (4/10/2022), sebuah studi yang dilakukan National Center for Biotechnology Information menemukan bahwa membelai anjing peliharaan dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Temuan yang mereka sebut sebagai "Efek Hewan Peliharaan" ini adalah hasil penelitian terhadap 60 mahasiswa yang memantau tekanan darah dan detak jantung mereka saat bermain bersama sahabat bulu. 

Hal ini berarti bahwa sentuhan adalah faktor kunci memperoleh manfaat terbesar dari interaksi antara manusia dan anjing peliharaan. 

Hasil penelitian ini mungkin tidak mengejutkan bagi para ilmuwan yang sebelumnya juga telah menelusuri manfaat kesehatan dari mempunyai hewan peliharaan di rumah. 

Sebelumnya, sebuah penelitian pada 1995 yang dilakukan Erika Friedman di University of Maryland Hospital, Amerika Serikat, menunjukkan bahwa pasien serangan jantung yang memiliki anjing peliharaan delapan kali lebih mungkin untuk tetap hidup setahun setelah dipulangkan daripada mereka yang tidak memiliki anjing. 

Tak hanya menurunkan tekanan darah, bermain dan membelai anjing peliharaan juga menawarkan beragam manfaat, di antaranya mengusir kesepian serta menghilangkan stres dan depresi, yang mana semua ini dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah. 

Sama dengan hormon serotonin yang meningkat dan membuat seseorang merasa rileks, hormon kortisol juga diturunkan dan mengurangi stres.

Tak heran, berbagai hasil penelitian tentang anjing ini semakin menunjukkan bahwa memelihara anjing memiliki manfaat positif bagi kesehatan sekaligus menegaskan anjing adalah sahabat manusia.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/04/133500176/bermain-dan-membelai-anjing-peliharaan-turunkan-tekanan-darah-tinggi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke