Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sejarah Hubungan Anjing Dalmatian dan Pemadam Kebakaran

Dari situ, membuat anjing Dalmatian identik dengan pemadam kebakaran. Lantas, betulkah Dalmatian bekerja untuk pemadam kebakaran atau hanya sekadar fiksi belaka? 

Rupanya, hubungan anjing Dalmatian dan pemadam kebakaran mempunyai sejarah panjang. Dalmatian telah bekerja bersama petugas pemadam kebakaran pada pertengahan 1700-an.

Cheryl F. Steinmetz, sejarawan untuk Dalmatian Club of America, mengatakan Dalmatian adalah anjing penjaga kandang dan anjing kereta.

Artinya, anjing ini akan mengawasi dan mempertahankan apa pun di kandang atau kereta seperti penumpang dan produk.

Dalmatian dipilih untuk posisi ini karenadapat berlari cepat, mudah dilatih, waspada, serta sangat setia kepada tuannya. 

Selain itu, anjing Dalmatians sangat baik dengan kuda. Mereka akan menenangkan kuda dan berdiri di sisinya. Anjing Dalmatian juga memiliki gonggongan keras serta daya tahan dan kesetiaan luar biasa. 

Pada 1870-an, Pemadam Kebakaran Kota New York membawa anjing Dalmatian untuk berlari dengan kereta.

Menurut Steinmetz, kuda menarik peralatan api  dan anjing-anjing Dalmatian akan membuka jalan bagi kuda-kuda itu.

"Orang-orang mulai mengadakan kompetisi pelatihan dan uji coba jalan untuk melihat seberapa baik anjing-anjing itu akan bertahan dengan kereta," kata Steinmetz dikutip dari Cuteness, Minggu (2/10/2022). 

Setelah itu, pad 1910, Westminster Dog Show memperkenalkan kategori Dalmatians Pemadam Kebakaran; itu berlangsung selama 40 tahun. 

Dalmatian di pemadam kebakaran hari ini 

Sementara pemadam kebakaran tidak lagi membutuhkan Dalmatian untuk berlari dan menjaga gerbong.

Namun, beberapa pemadam kebakaran masih mempekerjakan anjing-anjing ini untuk membantu dan menghibur petugas pemadam kebakaran serta mengajarkan keselamatan kebakaran kepada anak-anak.

Setelah serangan 11 September, petugas pemadam kebakaran dari Rochester, New York, memberi perusahaan FDNY Ladder 20 seekor anjing Dalmatian bernama Twenty. 

Perusahaan telah kehilangan tujuh anggota pada serangan tersebut dan Twenty membantu menghibur mereka.

Ketika Twenty meninggal pada 2016, Letnan FDNY Gary Iorio memposting secara online, "Saya tidak bisa mengatakan cukup tentang apa yang dia lakukan untuk membantu kami."

Di California, Los Angeles Fire Department (LAFD) atau Departemen Pemadam Kebakaran Los Angeles mempekerjakan seekor anjing Dalmatian bernama Wilshire.

Wilshire akan mengajari anak-anak cara berhenti, menjatuhkan, dan berguling jika pakaian mereka terbakar. Selain itu, turun dan pergi jika mereka berada di tempat berasap. 

Wilshire meninggal pada awal 2021. Tak lama setelah meninggal, LAFD menulis di halaman Facebook anjing itu, "Wilshire menjabat sebagai Anjing Pemadam Kebakaran Kota Los Angeles selama hampir 17 tahun." 

Anjing Dalmatian telah lama menjadi maskot pemadam kebakaran di seluruh Amerika Serikat. Mereka mulai bekerja sebagai anjing kereta dan kemudian naik-truk pemadam kebakaran.

Hari ini, anjing Dalmatian digunakan untuk mengajar anak-anak tentang keselamatan kebakaran dan memberi hiburan bagi petugas pemadam kebakaran. 

Dalmatiansempurna untuk pekerjaan itu karena dikenal sangat cerdas, energik, dan memiliki gonggongan keras.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/10/02/173300876/sejarah-hubungan-anjing-dalmatian-dan-pemadam-kebakaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke