Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Hal yang Sangat Dibenci Kucing

Meski begitu menggemaskan, kucing dikenal temperamental dan ada daftar panjang tentang hal-hal yang tidak mereka sukai.

Jadi, apabila kamu memelihara kucing, pastikan untuk mengetahui hal apa saja yang sangat mereka benci.

Dilansir dari Webbox, Kamis (22/9/2022), berikut ini adalah 15 hal yang sangat dibenci kucing.

Seekor kucing tidak tahan dengan bau citrus atau jeruk dan membenci aroma rosemari dan timi, begitu juga dengan lavender dan eukaliptus.

Banyak minyak esensial beracun bagi kucing sehingga masuk akal kalau mereka secara naluriah ingin lari ketika menciumnya. Kucing juga bukan penggemar bau mentol yang kuat.

Terlalu banyak perhatian

Saat memelihara kucing, kamu akan tahu bahwa kucing adalah makhluk yang mandiri. Tapi, kucing tidak tahan dengan belaian yang terlalu agresif.

Hormati batasan terhadap kucing peliharaanmu dan jangan mencoba memaksanya untuk menghabiskan waktu bersamamu jika mereka tidak mau.

Ingat, kucing akan memberi tahumu saat mereka membutuhkan cinta dan kasih sayang.

Tidak cukup perhatian

Ya, sikap kucing itu membingungkan. Satu menit mereka tampaknya membencimu dan menit berikutnya menginginkan semua perhatianmu.

Meskipun kucing suka memiliki ruang sendiri, mereka menikmati kasih sayang dari pemiliknya dengan caranya sendiri.

Kucingmu akan menyentuh kakimu saat dia ingin dibelai. Jadi, pastikan kamu menanggapi isyarat kasih sayang mereka.

Meski kucing suka mandiri, bukan berarti mereka selalu ingin sendiri. Jika harus keluar dalam waktu yang lama, pastikan kamu memiliki teman atau anggota keluarga untuk menggantikanmu sehingga kucingmu tidak mulai merasa kesepian.

Obat-obatan

Ketika kucingmu sakit dan dokter hewan memberikan resep obat, kamu akan tahu bahwa ia benci harus minum obat.

Entah itu obat cair atau obat dalam bentuk pil, memberi kucingmu apa yang mereka butuhkan untuk tetap sehat lebih mudah diucapkan daripada dilakukan.

Ini karena kucing tidak mengerti mengapa mereka harus minum obat. Ketika dipaksa untuk minum obat, ini bisa tampak sangat menakutkan bagi kucingmu.

Jika ingin menghindari cakaran, bungkus kucingmu dengan handuk, beri mereka obat, dan tutup mulutnya (dengan lembut, tetapi kuat), yang akan mendorong mereka untuk menelan. Meskipun kucing membencinya, ini harus dilakukan.

Makanan basi

Seperti yang disebutkan di atas, kucing sensitif terhadap bau dan mereka membenci makanan basi.

Makanan basah (wet food) lebih cepat habis daripada makanan kering (dry food) sehingga kamu mungkin perlu mempertimbangkan untuk memilih makanan kering.

Makanan lebih cepat rusak saat hangat. Jadi, ada baiknya mempertimbangkan berapa lama makanan basah yang telah ditinggalkan di mangkuk makannya jika kucingmu tampaknya tidak tertarik.

Kompetisi

Kucing pada dasarnya kompetitif. Tapi, kucingmu kemungkinan tidak akan terlalu terkesan jika kucing lain muncul dan ini terkadang dapat menyebabkan perilaku agresif.

Jika kamu sudah memiliki kucing peliharaan dan berencana memperkenalkan kucing lain atau kucing baru, lakukan yang terbaik untuk memisahkan mereka sampai kucing peliharaanmu terbiasa dengan kucing lain.

Jika kucingmu tiba-tiba menandai kucing tetangga sebagai musuh bebuyutannya, awasi perilaku agresif antar keduanya dan cobalah untuk menghentikannya jika keadaan menjadi buruk.

Kucing membenci suara keras yang tiba-tiba dan kebisingan yang berlebihan bisa sangat menakutkan bagi mereka.

Ketika kamu memutar lagu keras-keras, mungkin ada baiknya mempertimbangkan bagaimana perasaan hewan peliharaanmu.

Jika kamu menemukan kucingmu bersembunyi di bawah sofa, mungkin yang terbaik adalah menurunkan volumenya.

Jika kamu mengelus perut kucing peliharaanmu, itu dapat menyebabkan mereka mencakarmu.

Dimandikan

Ketika pernah mencoba memandikan kucing peliharaanmu, kamu pasti tahu pemberontakan yang mereka lakukan.

Kucing membersihkan diri dan menjilati dirinya sendiri, tetapi memandikannya sesekali diperlukan jika tubuhnya terpapar sesuatu yang tidak bisa dilepaskan.

Jika berencana untuk memandikan kucingmu, pastikan kamu memiliki banyak handuk bersih serta sampo dan kondisioner khusus hewan peliharaan.

Didandani

Kucing tidak terlalu suka bulunya disisir. Tapi, beberapa ras berbulu panjang membutuhkan bantuan pemiliknya untuk menjaga bulu mereka tetap baik.

Jadi, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk membuat pengalamannya tidak terlalu sulit.

Pilih waktu ketika kucingmu tenang dan ingin dipeluk. Mulailah dengan membelai kucingmu dan ketika mereka benar-benar santai, sisir bulunya dengan lembut.

Hentikan menyisir kucingmu sementara waktu jika ia mulai gelisah, kemudian lanjutkan setelah ia kembali tenang.

Orang asing

Kucing waspada terhadap orang asing. Jika seseorang yang tidak mereka kenal tiba-tiba masuk ke rumahmu, mereka mungkin merasa ketakutan dan bingung.

Pastikan tamu yang datang ke rumahmu mengetahui perasaan kucingmu dan cobalah untuk menghentikan mereka mengelus kucingmu.

Menjaga jarak akan membantu kucingmu memahami situasi dan biarkan kucingmu melakukan langkah pertama jika ia merasa bersahabat dengan tamumu.

Kucing adalah makhluk kebiasaan dan mereka tidak terlalu menghargai perubahan.

Perubahan ini bisa berupa sesuatu yang kecil, seperti perubahan pada kotak pasirnya, atau sesuatu yang besar, seperti pindah rumah.

Jika tidak ada pilihan selain membuat perubahan yang akan berdampak pada kucingmu, pastikan kamu ada di sana untuk meyakinkan mereka jika perubahan itu membuat mereka stres.

Terkadang, yang mereka butuhkan hanyalah pelukan yang baik dengan pemiliknya untuk kembali ke jalur semula.

Ditatap

Pernah mencoba menatap kucingmu? Jika jawabannya ya, kemungkinan hal itu tidak berakhir dengan baik.

Kontak mata yang lama dapat diartikan kucing sebagai tanda dominasi dan agresi, yang mana itu menakutkan mereka.

Suhu rendah

Kucing suka suhu hangat dan nyaman, bukan penggemar dingin. Meskipun kucing memiliki mantel bulu yang indah, ini lebih untuk melindungi kulit halus mereka daripada membuatnya tetap hangat.


Digendong seperti bayi

Mungkin kamu menganggap kucing peliharaanmu tampak seperti bayimu, tetapi mereka benar-benar tidak suka digendong.

Banyak pemilik kucing memegang kucing peliharaannya seperti menggendong bayi yang baru lahir, yang mana ini bisa sangat menegangkan bagi kucing karena menempatkan mereka dalam posisi tidak bisa melarikan diri.

Selalu biarkan kucingmu datang kepada kamu untuk dipeluk dan pastikan mereka memiliki pilihan untuk pergi jika mereka mau.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/22/213000676/15-hal-yang-sangat-dibenci-kucing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke