Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Telur Bisa Disimpan di Kulkas?

JAKARTA, KOMPAS.com - Telur adalah salah satu bahan makanan yang lazim disimpan di kulkas. Namun demikian, sebenarnya berapa lama telur bisa disimpan di kulkas?

Dillansir She Knows, Kamis (15/9/2022), terkadang kita terlalu terlalu biasa dengan telur yang disimpan di kulkas sehingga tidak menyadari telur sudah mulai membusuk dan tidak layak dikonsumsi.

Untuk mengetahui masa simpan telur, Anda dapat memeriksa tanggal penjualan, yang mungkin memberi Anda sedikit petunjuk, tetapi itu tidak benar-benar memberi tahu Anda kapan tanggal kedaluwarsanya. 

Meskipun kualitas terbaik telur adalah dalam waktu tiga minggu sejak tanggal pengemasan, berapa lama Anda dapat menyimpan telur di kulkas?

Departemen Pertanian AS (USDA) mengatakan bahwa masa konsumsi telur tidak boleh lebih dari 30 hari setelah tanggal pengemasan. Bila diperhatikan, telur yang dikemas dalam wadah yang dijual di pasar swalayan memiliki tanggal pengemasan, yaitu hari telur dicuci, dinilai, dan ditempatkan di karton.

USDA mengatakan pula, jika tanggal pengemasan telah lewat, telur harus tetap aman dan sehat jika ditangani dengan benar sampai waktu pembusukan terbukti.

Dalam laman resminya, USDA menyatakan, makanan basi akan menimbulkan bau, rasa, atau tekstur yang tidak enak karena bakteri pembusuk yang terjadi secara alami. Jika suatu makanan telah mengembangkan karakteristik pembusukan seperti itu, itu tidak boleh dikonsumsi.

Singkatnya, jika bau tidak sedap saat Anda membuka telur untuk dimasak, jangan dikonsumsi.

Menurut Foodsafety.gov, telur mentah dalam cangkangnya dapat disimpan di lemari es selama tiga hingga lima minggu. Pembekuan dalam cangkang tidak dianjurkan.

Sebagai gantinya, pecahkan telur, kocok, lalu simpan dalam wadah yang aman untuk freezer.

Apa tanda telur tidak layak dikonsumsi?

Telur tidak mungkin menjadi buruk di dalam lemari es, tetapi akan mengering seiring waktu. Telur tidak secara otomatis rusak atau rusak setelah tanggal tertentu.

Jika telur belum mengandung salmonella, maka penyimpanannya di kulkas tidak akan membuat bakteri berkembang biak secara spontan.

Jika telur Anda memang mengandung salmonella, jumlah bakterinya akan cukup kecil, karena tidak tumbuh di lingkungan yang dingin seperti kulkas.

Penanganan dan memasak yang tepat akan membunuh bakteri apa pun yang ada, menurut luar biasaegg.org.

Cara mudah untuk menguji kesegaran telur adalah dengan meletakkannya di semangkuk air. Telur segar akan tenggelam, dan telur yang tidak segar akan mengapung.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/15/223900276/berapa-lama-telur-bisa-disimpan-di-kulkas-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke