Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Ras Anjing Termahal di Dunia, Ada yang Mencapai Miliaran

JAKARTA, KOMPAS.com - Anjing menjadi hewan yang banyak dijadikan peliharaan karena dikenal lucu, menyenangkan, mudah dilatih, bisa menjaga rumah, dan setia pada pemiliknya. 

Mengadopsi anjing untuk dipelihara tidaklah mahal, bahkan tanpa biaya apa pun. Anda bisa memelihara anjing yang berada di tempat penampungan.  

Namun, tak dapat dipungkiri, ada beberapa ras anjing yang memiliki harga fantastis. Hal ini dipengaruhi sejumlah faktor, di antaranya ras anjing paling populer, kemurnian, memiliki kemampuan lebih, kelangkaan ras, serta anjing berasal dari silsilah tinggi. 

Ras anjing termahal ini juga membutuhkan lebih banyak perawatan, pelatihan, dan kunjungan medis selama masa hidupnya. 

Bila tertarik ingin memeliharanya, berikut sejumlah ras anjing termahal di dunia, dilansir Peet Keen.

1. Tibetan mastiff

Tibetan mastiff adalah ras anjing kuno yang berasal dari Tingkok dan Nepal. Tibetan mastiff dibiakkan untuk menjaga kawanan dan rumah tangga dari serigala serta macan tutul.

Tibetan Mastiff juga merupakan salah satu ras anjing terbesar di dunia dengan pejantan seberat 72 kilogram serta memiliki tampilan paling mencolok pada bulu di sekitar leher dan bahunya yang tampak memakai syal. 

Berkat tampilan agung dan reputasi ganas, anjing Tibetan mastiff dianggap sebagai simbol status di Tiongkok.

Tak heran, Tibetan mastiff termasuk ras anjing termahal di dunia. Harga anjing ini bisa berkisar dari Rp 29 juta hingga ratusan juta. 

Pada 2014, seorang pengusaha Tiongkok berpisah dengan anak anjing Tibetan mastiff seharga Rp 29 miliar, yang menjadikan Tibetan mastiff sebagai anjing termahal di dunia. 

2. Cekoslowakia wolfdog

Anjing Cekoslowakia wolfdog atau serigala Cekoslowakia adalah anjing nasional Cekoslowakia. Namun, populasinya sangat langka sehingga membuat Cekoslowakia wolfdog menjadi salah satu anjing termahal di dunia.

Anjing Cekoslowakia wolfdog muncul pada 1955 ketika garis kerja German shepherd disilangkan dengan serigala Carpathian.

Harga anjing Cekoslowakia wolfdog dibanderol sekitar U$50 ribu atau sekitar Rp745 juta. Selain itu, Anda harus bersedia terbang ke Cekoslowakia untuk mendapatkan ras anjing ini karena tidak mudah ditemukan di tempat lain. 

3. Samoyed 

Samoyed adalah ras anjing kuno dari Siberia yang memiliki tampilan mirip serigala. Anjing ini mendapat namanya dari orang-orang Samoyed yang membiakkannya untuk membantu menarik kereta luncur dan menjaga rusa.

Anjing berbulu putih dan tampak selalu tersenyum ini tidak hanya mahal dipelihara, tetapi juga untuk diperoleh. Anjing Samoyed memiliki harga sekitar U$14 ribu atau sekitar Rp200 juta. 

4. Lowchen

Selanjutnya, ras anjing termahal di dunia adalah Lowchen. Dikenal juga sebagai "anjing singa kecil", Lowchen telah menjadi salah satu anjing mainan paling populer di Eropa selama lebih dari 500 tahun.

Namun, pada awal 1970-an, Lowchen berada di ambang kepunahan ketika hanya tersisa 65 ekor di dunia sehingga menjadi ras anjing paling langka di dunia.

Meski konservasi memungkinkannya kembali banyak, Lowchen tetap sangat langka. Tak heran, anak anjing Lowchen dapat menghabiskan biaya sebanyak Rp 178 juta untuk mendapatkannya.

Hal ini karena ras anjing Lowchen jarang sakit dan memiliki rata-rata umur 15 tahun. 

Namun, harga pembelian hanyalah puncak gunung es karena biaya perawatan anjing Chow chow juga mahal. 

Chow chow rentan terhadap sejumlah masalah kesehatan seperti displasia pinggul dan siku, fungsi tiroid yang tidak tepat, dan entropion mata, yang berarti tagihan dokter hewan mungkin bertambah.

Selain itu, Chow chow terkenal keras kepala, yang berarti sulit melatihnya. Namun, dengan latihan rutin dan pemilik berpengalaman, Chow chow dapat menjadi anjing peliharaan dan penjaga terbaik. 

Canadian eskimo adalah salah satu ras anjing tertua dan terlangka di dunia. Orang-orang Thule memperkenalkan anjing pekerja ini ke Amerika Utara sekitar 1.000 tahun lalu dari Siberia.

Sayangnya, penyakit dan berkurangnya kebutuhan akan kereta luncur berkontribusi besar pada penurunan drastis populasi anjing Canadian Eskimo. 

Hari ini, diperkirakan hanya ada sekitar 300 anjing Canadian Eskimo murni yang tersisa.

Tak heran, untuk memelihara anjing ini, Anda harus merogoh kocek sedalam tidak mengherankan bahwa seekor anak anjing Eskimo Kanada murni dapat membuat Anda membayar sekitar Rp 130 juta. 

7. Rottweiler

Tak hanya menjadi anjing paling galak di dunia, Rottweiler juga masuk daftar anjing termahal di dunia. Anjing Rottweiler memang mudah ditemukan, tapi memiliki silsilah penting.

Kebanyakan anjing Rottweiler yang Anda lihat adalah mutt. Rottweiler ras murni dari peternak Jerman asli dapat mencapai harga sekitar Rp 134 juta.

8. Dogo Argentino 

Selain itu, ras anjing termahal di dunia adalah Dogo Argentino, yang juga dikenal sebagai Mastiff Argentina. Anjing besar, putih, dan ganas ini dibesarkan untuk berburu hewan besar seperti babi hutan dan singa gunung.

Di beberapa negara, kelangkaannya membuat ras anjing ini sangat mahal dengan biaya sekitar Rp 119 juta. 


9. Akita 

Anjing asal Jepang ini dikenal sangat setia kepada pemiliknya. Cerita legenda Hachiko atau Hachi yang dengan sabar menunggu pemiliknya pulang bekerja di stasiun kereta Jepang setiap hari selama 10 tahun, bahkan setelah pemiliknya meninggal dunia.

Anjing besar dan kuat ini memiliki karakter mulia, tetapi dapat meledak-ledak, kasar, serta cenderung sangat berkemauan keras. Seekor anak anjing Akita pup dapat berharga Rp96 juta. 

10. French bulldog

Terakhir,  anjing termahal di dunia adalah French bulldog karena eksklusivitasnya. French bulldog juga terkenal sulit berkembang biak karena pinggulnya yang sempit sehingga membuatnya menghasilkan maksimal hanya tiga anak anjing.

Anjing French bulldog dapat memiliki harga sekitar Rp 89 juta. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/15/131400376/10-ras-anjing-termahal-di-dunia-ada-yang-mencapai-miliaran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke