Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jenis Makanan yang Sebaiknya Disimpan di Freezer, Apa Saja?

JAKARTA, KOMPAS.com – Freezer sering digunakan untuk menyimpan berbagai macam bahan makanan untuk menjaga kualitasnya sembari memperpanjang usia penyimpanan.

Oleh karena itu, tidak heran jika ada orang-orang yang menumpuk banyak makanan hingga freezer terlalu penuh.

Akan tetapi, seperti dilansir Martha Stewart, Kamis (8/9/2022), ternyata ada lima jenis makanan yang lebih direkomendasikan untuk disimpan di freezer. Apa saja?

1. Bayam

Penulis buku masak dan pembuat roti, Virginia Willis, mengatakan bahwa bayam beku adalah sayuran yang sehat yang harus dimiliki, terutama jika kamu belum sempat ke toko kelontong.

Ia menambahkan, bayam merupakan bahan makanan yang cocok dijadikan sebagai pelengkap bagi hidangan seperti pasta, bahkan sup.

Namun, Maya Feller dari Maya Feller Nutrition mengatakan bahwa bayam bukanlah satu-satunya sayuran beku yang harus berada di dalam freezer setiap orang.

Feller mendorong pasien untuk membekukan produk segar apa pun yang tidak memiliki usia penyimpanan yang lama, terutama jika tidak akan segera diolah, untuk digunakan nanti. 

Bayam menjadi salah satu contoh paling sempurna terkait jenis makanan yang disimpan di freezer. Sebab, mereka cenderung cepat membusuk.

2. Kaldu

Jenis makanan lainnya yang lebih direkomendasikan ditaruh di freezer adalah kaldu tulang (stock). Kamu mungkin lebih memilih untuk menyimpan kaldu ayam atau daging sapi di freezer.


Namun, sebaiknya simpan kaldu sayuran yang terbuat dari bahan-bahan yang kaya akan potasium, seperti kentang, bawang bombai utuh, dan wortel atau seledri. Jadi, kamu tidak perlu membuatnya dari nol ketika membutuhkannya.

3. Buah-buahan

Mengawetkan buah-buahan, misalnya beri atau persik, di dalam freezer saat musim panen adalah langkah yang tepat.

Kamu pun bisa menyimpan buah tomat untuk menjaga kesegarannya guna menghadirkan rasa yang lebih kaya pada piza, focaccia, dan pasta buatan sendiri.

4. Daging

Koki, pemilik restoran, dan pendiri perusahaan makanan This Little Goat, Stephanie Izard, mengatakan bahwa daging menjadi salah satu jenis makanan yang lebih direkomendasikan untuk disimpan di dalam freezer.

Namun, jika kamu membelinya dalam kemasan yang lebih besar, sebaiknya mereka dipisahkan dan dibekukan dalam porsi yang lebih kecil.

Apabila telah mengolah daging hingga matang, pertimbangkan untuk membekukannya kembali jika masih ada yang menyisa.

“Sangat bagus untuk menyimpan sisa makanan dari berbagai hidangan daging untuk dijadikan sebagai isian pangsit dan lain sebagainya,” ujar Izard.

5. Makanan yang sudah diolah

Feller menambahkan, makanan yang sudah diolah seperti nasi goreng, lasagna, kari, bahkan sup, juga perlu ditaruh di dalam freezer. Menurutnya, langkah ini dapat membantu ketika kamu terlalu lelah untuk memasak.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/09/08/092900576/5-jenis-makanan-yang-sebaiknya-disimpan-di-freezer-apa-saja-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke