Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Manfaat Kopi untuk Tanaman, Bisa Jadi Pupuk dan Cegah Penyakit

JAKARTA, KOMPAS.com - Tahukah Anda bahwa tanaman juga menyukai kafein, yang umumnya terkandung dalam kopi? Ya, tanaman dapat mengambil manfaat dari banyak hal, dan kopi adalah salah satunya.

Jika Anda senang menyeduh kopi di pagi hari untuk memulai hari, jangan membuang ampas kopi. Sebaliknya, gunakan untuk membantu pertumbuhan tanaman dan mencegah gangguan yang mengancam kehidupan tanaman Anda.

Dikutip dari Balcony Garden Web, Senin (29/8/2022), berikut beberapa manfaat kopi untuk tanaman dan cara menggunakannya.

1. Menanam sayuran dengan bubuk kopi

Menggunakan bubuk kopi di kebun sayur memastikan pasokan nitrogen yang lambat dan menurunkan pH. Dengan demikian, ini berkontribusi pada pertumbuhan tanaman yang sehat dan kuat.

Tumbuk bubuk kopi hingga kedalaman 6-8 inci di tanah untuk menghilangkan parasit taman, jamur, dan cacing patogen.

Sayuran hijau dan tanaman umbi-umbian merespons dengan baik terhadap ukuran ini, terutama ketika Anda mencampur bubuk kopi dengan tanah pada saat penanaman.

2. Jadikan mulsa

Mulsa ampas kopi menjadi populer karena klaim bahwa itu menghalangi hama, mencegah gulma, dan menganginkan tanah.

Karena ampas kopi memiliki tekstur yang halus, penggunaannya sebagai mulsa bekerja paling baik hanya dalam kombinasi dengan mulsa organik kasar.

Jika digunakan sendiri dalam lapisan yang tebal, ampas kopi dapat mengeringkan dan memadatkan tanah serta menjaga kelembapan keluar, bukan masuk.


Untuk menggunakannya sebagai mulsa, selalu taruh ampas kopi setebal setengah inci dengan lapisan bahan organik bertekstur kasar.

3. Meningkatkan panen wortel

Mencampur benih wortel dengan bubuk kopi segar membuat biji kecil lebih mudah untuk disemai. Sebagai bonus, aroma kopi yang kuat mengusir belatung akar dan serangga lainnya selama tahap awal pertumbuhan.

Lahan juga menambah nutrisi ke tanah saat mereka membusuk.

4. Pupuk mawar

Kopi memiliki kandungan nitrogen yang tinggi, dapat mengubah pH, meskipun sedikit, untuk meningkatkan pembungaan, mengaerasi tanah, dan memperbaiki tekstur tanah.

Gunakan kopi dan teh pada mawar untuk meningkatkan pertumbuhan dan bunganya.

5. Mencegah penyakit jamur

Sifat anti-jamur dan asam kopi menjadikannya suplemen yang ideal untuk menangkal jamur patogen dan mencegah timbulnya penyakit tanaman yang melemahkan seperti karat kopi.

Saat membusuk, ampas kopi membawa pelengkap koloni jamur dan jamur mereka sendiri yang mengalahkan jamur eksternal dari kolonisasi dan menyebabkan penyakit.

Kapang dan jamur alami pada bubuk kopi dapat menekan jamur patogen, antara lain spesies fusarium, Pythium, dan Sclerotinia.

Jadi, jika Anda memiliki sedikit ampas kopi, taruh di tanaman terong, paprika, atau tomat karena tanaman ini rentan terhadap berbagai penyakit layu dan busuk jamur.

6. Menarik cacing ke kompos

Cacing suka mengonsumsi ampas kopi dan para ahli merekomendasikan untuk menambahkannya ke tumpukan kompos untuk menarik cacing.

7. Mengubah warna bunga

Anda bisa memanfaatkan kopi untuk membuat bunga hydrangea Anda mekar menjadi biru cerah. Ini karena ampas kopi memiliki kemampuan untuk menurunkan pH tanah, dan hydrangea mengubah warna bunganya di tanah asam.

8. Gunakan sebagai kompos

Pengomposan dengan kopi berfungsi sebagai cara yang bagus untuk mendaur ulang sesuatu yang jika tidak akan berakhir terbengkalai di tempat pembuangan sampah atau tempat sampah.

Menurut laporan lab yang diunggah oleh The Sunset, ampas kopi bekas menyediakan fosfor, kalium, magnesium, dan tembaga, dan saat terurai, mereka melepaskan mineral ini ke area penanaman.

Selain itu, dengan menciptakan media yang sedikit asam dan kaya nitrogen, ini mendukung pertumbuhan tanaman yang kuat.

Ingatlah bahwa jika Anda menggunakan bubuk kopi di tumpukan kompos, Anda juga perlu menggunakan beberapa bahan kompos coklat untuk menyeimbangkan pH dan tekstur keseluruhan.

9. Pupuk tanaman

Tanaman yang menyukai asam, seperti beberapa tanaman herbal dan sayuran bisa memperoleh manfaat dari kopi.

Namun, ingat, hanya bubuk kopi segar yang tidak terpakai yang dapat meningkatkan kandungan asam tanah dan memperkayanya dengan nitrogen, nutrisi mikro yang mendorong pembentukan batang yang hijau dan kokoh.

Bubuk kopi bekas memiliki potensi yang sangat kecil untuk meningkatkan kadar pH dan tidak melakukan apa pun untuk meningkatkan kadar asam tanah secara instan.

10. Membantu dalam budidaya jamur tiram

Menanam jamur di ampas kopi itu mudah. Yang Anda butuhkan hanyalah karton, dan beberapa ampas kopi bekas sebagai medianya.

Karton bergelombang bertindak sebagai penghalang sempurna untuk mencegah masuknya jamur dan bakteri yang bersaing sambil memberikan aerasi yang cukup bagi akar jamur untuk berkembang.

Kopi menyediakan semua mineral yang dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan bibit jamur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/29/090400676/10-manfaat-kopi-untuk-tanaman-bisa-jadi-pupuk-dan-cegah-penyakit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke