Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Mengatasi Saluran Air Kamar Mandi Mampet

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu masalah yang kerap terjadi di kamar mandi adalah saluran air kamar mandi mampet. Ini menyebabkan air menggenang di lantai kamar mandi, menimbulkan ketidaknyamanan.

Dikutip dari Bob Vila, Selasa (23/8/2022), saluran air kamar mandi mampet biasanya disebabkan oleh sisa rambut dan sabun yang menumpuk selama beberapa waktu.

Akan tetapi, Anda tidak membutuhkan bantuan tukang ledeng untuk mengatasi saluran air kamar mandi mampet. Anda bisa mengatasinya dengan mudah menggunakan bahan-bahan yang sudah ada di rumah.

Berikut beberapa cara mengatasi saluran air kamar mandi mampet.

1. Menggunakan air panas

Cara ini sangat mudah dilakukan. Isi teko atau panci besar dengan air, lalu didihkan.

Selanjutnya, tuangkan air panas langsung ke saluran pembuangan sedikit demi sedikit, memberikan cairan panas kesempatan untuk bekerja melalui penyumbatan di antara setiap tuangkan.

Suhu air akan membantu memecah dan melarutkan kotoran yang menyumbat saluran air kamar mandi. Lakukan ini hanya jika pipa saluran air kamar mandi Anda adalah pipa logam.

Jangan gunakan air mendidih jika Anda memiliki pipa PVC, karena dapat menyebabkan sambungan kendor.

2. Gunakan baking soda dan cuka

Campurkan sepertiga cangkir baking soda atau soda kue dan sepertiga cangkir cuka dalam gelas tahan panas. Segera setelah mulai mendesis, tuangkan larutan ke saluran air kamar mandi yang mampet.

Jika Anda bisa, biarkan selama setidaknya satu jam. Kemudian alirkan air panas ke saluran pembuangan untuk membantu menyiram campuran melalui pipa.

Reaksi kimia akan membantu memecah rambut dan kotoran yang menyebabkan sumbatan di pipa saluran air kamar mandi.

3. Gunakan gantungan baju

Untuk penyumbatan yang benar-benar buruk, Anda dapat mengatasinya dengan gantungan baju kawat.

Kenakan sarung tangan karet jika Anda memilikinya, lalu gunakan obeng untuk membuka atau mencongkel penutup saluran air kamar mandi. Setelah dilepas, luruskan gantungan baju kawat, pertahankan pengait kecil di ujungnya.

Masukkan gantungan baju ke saluran pembuangan untuk menghilangkan rambut, sisa sabun yang menumpuk, atau kotoran lain yang menyebabkan penyumbatan.

Setelah Anda mengeluarkan semua yang Anda bisa, tuangkan air mendidih ke saluran air dan pasang kembali penutup saluran air.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/08/23/092900476/3-cara-mengatasi-saluran-air-kamar-mandi-mampet

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke