Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, 11 Benda yang Tidak Boleh Diletakkan di Atas Kulkas

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang yang menyimpan atau meletakkan barang di atas kulkas, karena area ini memiliki ruang yang besar dan mudah diakses serta dilihat. Namun, sebenarnya hal itu tidak dibenarkan.

Sebab, dilansir BobVilla, Senin (11/7/2022), ini dapat menimbulkan risiko yang membuat kulkas bekerja lebih keras dan memperpendek usia pemakaiannya.

Cobalah untuk meminimalkan atau menghilangkan kekacauan di atas kulkas, terutama jika Anda menggunakan ruang untuk menyimpan salah satu benda dalam daftar ini.

1. Peralatan elektronik dapur kecil

Kulkas standar dapat menampung lebih dari 18 kilogram di atasnya. Di rumah-rumah di mana ruang terbatas, menyimpan peralatan dapur lain di atas sana, seperti oven pemanggang roti atau microwave, tampak seperti solusi hemat-ruang yang hebat.

Akan tetapi, peralatan yang lebih kecil ini berat dan mudah pecah, berisiko cedera dan rusak jika jatuh.

Menjaga mereka tetap di sana juga membuat kemungkinan besar mereka akan dicolokkan ke stop kontak yang sama dengan kulkas, dan dapat membebani sirkuit.

2. Kotak sereal

Tidak semua orang memiliki ruang lemari untuk menyimpan kotak sereal, tetapi itu tidak berarti mereka harus meletakkan di atas kulkas.

Kotak sereal tidak hanya dapat menghalangi ventilasi alat, tetapi saat berada di tempat terbuka, kotak sereal juga lebih mudah dimasuki hama.

Selain itu, tikus sering memakan biji-bijian, dan kotak sereal yang tipis itu sangat mudah bagi tikus untuk masuk. 

3. Obat-obatan

Obat datang dalam berbagai bentuk, termasuk tablet, cairan, dan inhaler. Semua obat harus disimpan sesuai dengan petunjuk pada label untuk memastikan bahwa obat terus bekerja dengan baik.

Ketika obat disimpan di atas kulkas, panas yang terperangkap dapat memengaruhi potensinya, dan suhu tertentu dapat mengubah bentuk molekul bahan aktifnya atau menyebabkan penguraian obat. Sebaliknya, simpan obat-obatan di lemari jauh dari sumber panas.

4. Barang pecah belah

Bahkan jika Anda tidak sering menggunakan nampan penyajian keramik atau ketel teh, jangan letakkan di bagian atas kulkas. Entah itu terbuat dari kaca, porselen, keramik, atau bahan lain yang mudah pecah, menyimpan barang-barang yang jarang digunakan ini di atas kulkas adalah bahaya besar.

Setiap kali kulkas dibuka dan ditutup, dapat menyebabkan barang-barang di atasnya bergeser. Seiring waktu, dengan gerakan yang cukup dan bantuan dari gravitasi, potongan-potongan penyajian ini dapat runtuh, menyebabkan kerusakan, cedera tubuh, atau keduanya.

5. Kertas dan majalah

Menyimpan banyak barang kertas, terutama yang lebih berat seperti buku, membatasi aliran udara yang dibutuhkan kulkas untuk bekerja secara efisien.

Aliran udara yang lebih sedikit membuat kulkas  menarik lebih banyak energi untuk menjaga makanan Anda tetap dingin dan mendongkrak tagihan listrik Anda.

Selain itu, lembaran kertas yang longgar dan ringan cenderung jatuh dari kulkas dan tersangkut di belakangnya.

6. Tanaman hias

Banyak jenis tanaman hias yang tidak senang dengan kondisi hidup di atas kulkas. Mereka mungkin tidak menyukai panas, mereka mungkin tidak mendapatkan cukup cahaya di sana, atau mereka mungkin mengering.

Selain itu, tanaman yang berada di atas kulkas sulit untuk disiram. Mereka sulit dijangkau dan sulit untuk menghindari percikan dan tumpahan, yang berarti Anda mungkin akan memindahkan tanaman ke wastafel ke air.

Harus mengambil langkah ekstra ini berarti Anda akan lebih jarang menyirami tanaman, dan akibatnya mereka akan terlihat kurang sehat. Rak atau kusen jendela adalah pilihan yang lebih baik untuk tanaman dapur.

7. Camilan anak-anak

Di atas kulkas mungkin tampak seperti tempat yang sempurna untuk menyimpan kue, keripik, dan makanan ringan lainnya dari jangkauan tangan-tangan kecil yang bersemangat.

Namun, anak-anak pasti akan mencari tahu di mana Anda menyembunyikan makanan ringan yang enak dan melakukan tindakan yang berbahaya untuk mendapatkan apa yang mereka inginkanmisalnya, berdiri di atas kotak yang seimbang di atas bangku anak tangga.

Temukan tempat lain untuk menyembunyikan camilan, dan jaga agar si kecil lebih aman di dapur.

8. Kentang, bawang, dan lain-lain

Di mana Anda menyimpan produk Anda memengaruhi berapa lama produk itu bertahan. Kentang harus disimpan di tempat yang sejuk dan gelap, yang sama sekali tidak seperti yang Anda temukan di atas kulkas. 

Selain itu, bahan makanan lain, seperti bawang merah dan bawang putih, perlu disimpan di tempat yang berventilasi baik, seperti di keranjang terbuka di atas meja.

Hindari pembusukan dan perpanjang umur produk Anda dengan menyimpan makanan segar Anda dengan benar.

9. Produk pembersih

Menjaga pembersih rumah tangga di tempat tinggi dan jauh dari anak kecil adalah praktik yang aman di rumah mana pun.

Namun, bagian atas kulkas tidak cocok untuk menyimpan bahan kimia pembersih. Produk korosif, seperti pembersih oven atau pembersih saluran pembuangan, menimbulkan risiko yang signifikan dan perlu disimpan di area yang berventilasi baik, kering, dan tidak dapat diakses oleh anak-anak.

10. Roti

Satu-satunya kelemahan roti adalah umur simpannya yang pendek. Agar roti Anda lebih segar lebih lama, hindari menyimpannya di atas kulkas.

Kehangatan dari sistem ventilasi kulkas menciptakan lingkungan yang ideal bagi jamur untuk terbentuk pada roti yang dikantongi.

Alih-alih, simpan roti Anda di tempat yang sejuk dan kering, seperti kotak tempat roti di atas meja. 

11. Barang kecil

Anda menginginkan tempat yang aman untuk menyimpan kacamata, kunci cadangan, dan pernak-pernik kecil lainnya, dan bagian atas kulkas menyediakan tempat yang mudah diingat untuk menyimpan barang-barang yang tidak ingin Anda hilangkan.

Tetapi bahkan di atas sana, barang-barang ini mungkin masih menemukan cara untuk menghilang atau bahkan jatuh di belakang kulkas. Simpan benda-benda kecil dan penting dalam wadah penyimpanan yang lebih besar. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/07/11/111400176/catat-11-benda-yang-tidak-boleh-diletakkan-di-atas-kulkas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke