Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Pasangan Tanaman yang Harus Selalu Ditumbuhkan Berdampingan

Namun, ada beberapa tanaman yang harus memiliki pasangan atau pendamping saat ditumbuhkan, yang mana tanaman yang berpasangan memiliki sifat yang saling menguntungkan.

"Mungkin satu tanaman menarik penyerbuk atau menghalangi serangga, sementara yang lain meningkatkan asupan nutrisi," jelas George Pisegna, kepala hortikultura di Horticultural Society of New York.

Dilansir dari Real Simple, Selasa (15/6/2021), berikut ini tujuh pasangan tanaman yang harus selalu ditumbuhkan berdampingan.

Tomat dan Daun Basil

"Aroma basil yang harum telah terbukti dapat mengusir ulat tanduk tomat dan lalat tertentu," catat Pisegna.

"Dengan membiarkan tanaman herbal (seperti timi, parsley, daun mint, dan sebagainya) berbunga, kamu akan menarik lebih banyak penyerbuk ke melon, yang akan membantu mereka tumbuh subur dan terasa lebih manis,” kata Pisegna.

Wortel dan Lobak

“Lobak tumbuh di lapisan atas tanah, sedangkan akar wortel tumbuh lebih dalam. Setiap tanaman menarik nutrisi dari tingkat yang berbeda di dalam tanah,” jelas Pisegna.

"Terong akan tumbuh tinggi, memberikan naungan untuk bayam. Selanjutnya, pertumbuhan bayam yang padat akan membantu menekan gulma,” catat Pisegna.

Mentimun dan Nasturtium

Triknya di sini adalah menanam nasturtium di dasar tiang kayu yang dipakai untuk merambatkan mentimun.

“Kumbang dapat memakan daun baru yang dapat menghambat pertumbuhan tanaman, serta bunga yang akan menurunkan produksi. Aroma pedas dari bunga nasturtium akan membantu mengusir kumbang di mentimun," jelas Pisegne.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/18/173800276/7-pasangan-tanaman-yang-harus-selalu-ditumbuhkan-berdampingan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke