Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ketahui, Ini Arti di Balik Gerakan Ekor Anjing

Misalnya, ketika mengajak anjing bermain, sahabat bulu akan menggerakkan ekornya. Kamu menganggap bahwa sahabat bulu senang bermain denganmu.

Namun, betulkah anjing menggerakkan ekornya untuk menandakan mereka merasa senang? 

“Banyak orang berpikir anjing menggerakkan ekornya sedang merasa senang, tetapi tidak selalu seperti itu,” ujar konsultan perilaku hewan bersertifikat di Behavior Vets of NYC, Amerika Serikat, Lauren Novack, disitat dari Daily Paws, Kamis (16/6/2022). 

Menurutnya, posisi dan gerakan ekor anjing hanyalah bagian dari keseluruhan gambaran tentang apa yang dikomunikasikannya.

“Jika seluruh tubuh anjing adalah sebuah kalimat, ekornya adalah satu kata dalam kalimat tersebut,” sambung Novack.

Saat ingin mencoba mengartikan gerakan ekor anjing, ada tiga hal utama yang perlu diperhatikan, yakni kekakuan tubuh, posisi ekor, dan gerakan ekor. 

Perhatikan apakah tubuh anjing kaku. Jika iya, ada kemungkinan anjing sedang cemas dan tidak ingin berinteraksi. Sebaiknya, perlu menjaga jarak dengannya.

Sementara untuk tubuh yang rileks, ini lebih menunjukkan bahwa anjing peliharaan terbuka untuk berinteraksi.

Kemudia, perhatikan posisi ekor anjing. Ekor yang santai biasanya terletak rata, posisinya di antara ekor yang terselip dan ekor yang terangkat tinggi.

Mengetahui di mana posisi ekor secara alami dapat membantu memahami komunikasi sahabat bulu saat dia senang atau kesal. 

Terakhir, perhatikan gerakan dan kecepatan ekornya. Kecepatan anjing mengibas ekornya menunjukkan tingkat gairah, yang dapat berarti stres atau tidak stres.

Dengan kata lain, semakin cepat anjing menggoyangkan ekornya, semakin banyak emosi yang ingin disampaikan.

Sementara kibasan yang lambat mungkin menandakan kecemasan dan rasa tidak aman. Untuk kibasan ekor berkecepatan tinggi, ini bisa berarti mereka merasa gembira atau ketakutan ekstrem. 

Novack menambahkan, tidak semua ekor terlihat sama. Jadi, ekor yang diselipkan atau diangkat tidak terlihat sama pada dua anjing yang berbeda. 

Bahkan, ekor dapat terlihat sedikit berbeda pada anjing yang ekornya melengkung atau tertekuk secara alami.

Karena itu, dia menyarankan, perhatikan ekor anjing dalam suasana hati yang berbeda-beda untuk mengetahui situasi seperti apa yang normal baginya.

Untungnya, ujar Novack, gerakan ekor dan petunjuk bahasa tubuh lainnya umumnya berlaku secara universal pada semua anjing, yakni sebagai berikut.

  • Gerakan ekor senang

Anjing yang merasa senang akan mengibaskan ekornya dengan gerakan menyapu yang lebar pada posisi netral atau sedikit dekat.

Ekor sahabat bulu tidak bergerak cepat untuk menunjukkan emosi positif. Anjing akan mengibaskan ekornya dengan kecepatan sedang.

Namun, kibasan ekor yang bergerak seperti helikopter, yakni gerakan berputar yang sangat cepat, menandakan bahwa anjing sedang merasa sangat baik. Umumnya, gerakan ini ditemani dengan pantat yang digoyangkan dan wajah tersenyum.

Seekor anjing terkadang menggerakkan ekornya di antara kakinya, tetapi bukan berarti dalam keadaan senang.

“Saat ekor anjing diselipkan ke arah peruh, anjing sedang merasa ketakutan,” terang Novack.

Adapun perilaku ini juga dapat dipasangkan dengan tubuh yang sedikit merendah (crouched), telinga yang rata ke arah kepala, dan akan menghindari kontak mata.

Meski demikian, ekor yang tinggi bukan berarti sahabat bulu merasa bahagia. Ekor yang terangkat tinggi bisa menunjukkan anjing dalam keadaan terangsang yang dapat menunjukkan ketakutan, kecemasan, atau potensi agresi. 

Jika posisi ekor ini dibarengi tubuh kaku, telinga rata, tatapan, dan geraman, ini adalah tanda-tanda anjing sedang marah serta agresif.

Anjing tidak perlu menggoyangkan ekornya untuk menunjukkan ketidakpuasannya, tetapi kamu harus tetap memperhatikan hal tersebut. 

Semakin cepat ekor dikibaskan, artinya mereka merasa semakin kesal. Jika anjing menunjukkan tanda-tanda ketakutan, biarkan mereka merasa tenang dengan sendirinya.

  • Gerakan ekor penasaran

Anjing yang menemukan bau, suara, atau obyek baru dan tidak yakin akan perasaannya terhadap hal tersebut, akan menggerakkan ekornya sebagai tanda bahwa mereka merasa penasaran.

Ekor anjing yang penasaran akar tegak lurus ke belakang dengan sedikit kibasan meski kemungkinan besar akan tetap diam. 

Biasanya, anjing yang penasaran akan waspada, tetapi tidak sepenuhnya kaku. Telinganya akan terangkat dan mereka akan mengendus atau menggonggong ke arah yang membuatnya penasaran.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/16/204200676/ketahui-ini-arti-di-balik-gerakan-ekor-anjing

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke