Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tips agar Cat Dinding Kamar Mandi Tahan Lama

Sebab, kamar mandi memiliki kelembapan yang lebih tinggi sehingga bisa membuat lapisan cat dinding rentan memudar, rusak, dan mengelupas.

Meski begitu, ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar cat dinding di kamar mandimu bisa lebih tahan lama.

Dikutip dari akun Instagram @mowilexid, Senin (30/5/2022), berikut ini lima tips yang agar cat dinding kamar mandi tahan lama.

Kamu perlu memilih cat dinding berkualitas yang mampu menahan percikan air sehingga permukaan dinding kamar mandi tidak mudah lembap.

Kemudian, aplikasikan cat tersebut ke dinding dengan cara tepat, khususnya di bagian ventilasi udara, jendela, dan area-area yang mudah lembap.

Pastikan kamar mandi memiliki pencahayaan baik dan tidak berlebihan agar cat dinding bisa tahan lama.

Jika kamar mandi tidak memiliki pencahayaan yang baik, itu bisa membuat dinding kamar mandi mudah lembap.


Sementara itu, apabila kamar mandi terkena sinar matahari langsung secara berlebihan, itu bisa membuat warna cat dinding memudar lebih cepat.

Gunakan gypsum antilembap

Untuk kamar mandi, pilihlah gypsum yang antilembap. Namun, sebelum memasang gypsum, pastikan sudut kamar mandi telah simetris sehingga bisa dipasang dengan baik.

Kamar mandi yang lembap lebih rentan ditumbuhi jamur maupun lumut sehingga mengakibatkan cat dinding rusak atau mengelupas.

Agar hal tersebut tidak terjadi, pasanglah ventilasi udara di kamar mandi agar sirkulasinya baik dan tidak lembap.

Jika tidak memungkinkan untuk menambahkan ventilasi pada kamar mandi, kamu dapat menggunakan exhaust fan agar sirkulasi udara tetap terjaga sekaligus mengurangi embun maupun uap air.

Buka-tutup pintu kamar mandi

Selain dengan ventilasi maupun exhaust fan kamu juga dapat menggunakan sistem buka-tutup pintu kamar mandi agar tidak lembap.

Bukalah pintu kamar mandi selama beberapa jam setiap kali selesai mandi lalu tutup kembali setelah kamar mandi dirasa kering dan tidak lembap.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/30/173600176/5-tips-agar-cat-dinding-kamar-mandi-tahan-lama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke