Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bahaya Menyimpan Buah dan Sayuran ke Kulkas Memakai Kantong Plastik

Dilansir dari The Quint News, Rabu (25/5/2022), menyimpan buah dan sayuran dalam kantong plastik dapat mengancam sistem endokrin manusia. 

Plastik terbuat dari BPA dan DEHA, yakni bahan kimia yang dapat menyebabkan bahaya kesehatan serius.

Ketika makanan disimpan dalam kantong plastik untuk waktu lama, bahan kimia ini akan larut ke dalam makanan sehingga membuat makanan tersebut tidak layak dikonsumsi.

Dalam jangka panjang, bahan kimia ini dapat menyebabkan masalah kesehatan, bahkan perubahan hormonal. 

Selain itu, kantong plastik dapat menghalangi aliran udara yang sangat dibutuhkan buah dan sayuran, yang akhirnya menjadi cepat rusak oleh hama serta bakteri.

Karena itu, hindari menyimpan buah dan sayuran ke kulkas menggunakan kantong plastik. Sebagai gantinya, disarankan beralih menggunakan kantong biodegradable yang terbuat dari rami, goni, kapas, dan kantong kertas. 

Sayuran dapat disimpan lebih segar di luar kantong plastik. Simpan sayuran dalam mangkuk, lalu celupkan ke dalam air setiap dua hari dan sayuran siap digunakan.

Untuk stroberi, simpan dalam kantong kertas, lalu masukkan ke kulkas. Apel dan kentang harus disimpan dalam keranjang dengan aliran udara yang tepat di sekitarnya untuk membuatnya tahan lebih lama, tapi hindari menyimpannya di kulkas. 

Namun, jika ingin menyimpan apel lebih lama, Anda dapat menyimpannya di menggunakan kotak kardus. 

Sebelum menyimpan buah dan sayuran ke dalam kulkas, jangan lupa mencucinya agar terbebas dari kotoran.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/25/184700176/bahaya-menyimpan-buah-dan-sayuran-ke-kulkas-memakai-kantong-plastik

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke