Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Peralatan Plastik yang Keruh

JAKARTA, KOMPAS.com - Wadah plastik yang keruh tak hanya mengurangi estetika saja, namun akan mengurangi fungsionalitas benda tersebut. Ketika wadah plastik seperti cangkir, piring, dan lainnya menjadi keruh, akan membuat barang tersebut tidak enak dipandang.

Dilansir Hunker, Sabtu (21/5/2022), untuk membersihkan wadah plastik membutuhkan sedikit kesabaran dan pembersih lembut untuk menghilangkan sedikit kabut dari permukaan.

Sebelum Anda mulai, bersihkan wadah plastik, tutup atau lembaran plastik untuk menghilangkan lapisan pertama dari penumpukan kotor.

Pembersih plastik yang baik hanyalah air panas biasa dan beberapa tetes sabun pencuci piring cair ringan.

Pasta gigi untuk membersihkan wadah plastik

Pasta gigi bersifat lembut namun cukup abrasif untuk memotong sisa-sisa keruh pada potongan plastik. Basahi wadah plastik secara menyeluruh lalu gosokkan pasta gigi biasa ke barang-barang plastik yang sebelumnya dibersihkan dengan kain lembut atau sikat gigi yang lembut.

Pastikan untuk menutupi seluruh permukaan dan biarkan pasta gigi selama beberapa menit. Bilas hingga kering dan ulangi jika masih ada sedikit kekeruhan.

Salah satu cara terbaik untuk membersihkan plastik keruh adalah dengan baking soda atau soda kue atau pasta gigi.

Kedua pembersih rumah tangga biasa ini cukup lembut untuk tidak menggores plastik yang keruh. Campur bagian yang sama dari baking soda dengan pasta gigi dalam jumlah yang bisa menutupi barang yang ingin Anda bersihkan.

Manfaat tambahan dari metode pembersihan ini adalah bahwa soda kue juga akan mencerahkan dan menghilangkan bau plastik.

Pasta gigi membantu baking soda atau soda kue untuk duduk di permukaan plastik saat bekerja untuk membersihkan wadah.

Gosok pasta dengan lembut ke dalam plastik saat masih basah untuk mendapatkan tindakan menggosok yang baik. Biarkan selama beberapa menit dan hingga satu jam sebelum dibilas hingga kering.

Menghilangkan noda membandel pada wadah plastik

Merry Maids merekomendasikan untuk menggosok benda plastik yang keruh dengan potongan lemon dan memeras airnya ke dalam wadah.

Biarkan di bawah sinar matahari selama sekitar satu jam sebelum dibilas dan dikeringkan. 

Rendam barang plastik dalam ember kecil berisi cuka selama lima menit.

Jika kekeruhan berlanjut, letakkan benda plastik dengan taburan lapisan soda kue dan rendam dalam bak cuka. Ini dapat melarutkan film yang menempel pada plastik dan menciptakan kekeruhan itu.

Membersihkan furnitur luar ruangan berbahan plastik 

Furnitur plastik di luar ruangan yang kotor atau keruh dapat dipulihkan dengan pembersihan yang baik dan perawatan yang teratur.

Pembersih ringan berupa 3,5 liter air hangat dengan tiga sendok makan sabun cuci piring dapat membersihkan furnitur plastik luar ruang dengan cepat.

Kain lap basah yang dicelupkan ke dalam cuka putih biasa dapat menghilangkan noda yang membandel.


Better Homes and Gardens merekomendasikan penggunaan cangkir cuka dalam 3,5 liter air hangat untuk mencerahkan furnitur teras yang kusam. Jangan menggunakan pemutih, yang dapat merusak atau menumpulkan plastik dan merusak bahan seiring waktu.

Setelah membersihkan furnitur plastik luar ruang secara menyeluruh, pastikan untuk membersihkannya sebulan sekali selama musim panas dan tutupi setiap item saat tidak digunakan untuk jangka waktu yang lama.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/21/173400976/cara-membersihkan-peralatan-plastik-yang-keruh

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke