Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Perawatan yang Dapat Membuat Peralatan Dapur Tahan Lama

Keberadaan peralatan ini tentu memudahkan kegiatan memasak dan menghemat waktu, khususnya untuk peralatan dapur elektronik. 

Demi semakin menunjang kegiatan memasak, sebaiknya memilih peralatan dapur yang berkualitas.

Ini memberi Anda beberapa keuntungan seperti hasil masakan lebih cepat matang dan memiliki daya tahan lama sehingga bisa menghemat biaya untuk tidak mengganti peralatan dapur dalam waktu dekat. 

Namun, ketika berinvestasi dalam peralatan dapur berkualitas tinggi, memastikan peralatan berumur panjang adalah prioritas utama. Untuk itu, penting melakukan perawatan dan pembersihjan pada peralatan dapur secara rutin. 

Nah, dilansir dari Bobvila, Minggu (15/5/2022), berikut sejumlah perawatan untuk membuat peralatan dapur tahan lama. 

Pastikan membersihkan talenan dengan tepat dan mengeringkannya terlebih dulu sebelum mengoleskan minyak menggunakan kain bersih.

Setelah itu, biarkan talenan kering selama semalaman sebelum digunakan kembali. Proses ini juga dapat digunakan pada peralatan masak kayu lainnya untuk memperpanjang umurnya. 

Simpan pisau secara terbalik

Menyimpan pisau di blok pisau kayu secara tidak sengaja dapat menumpulkan bilahnya setiap kali Anda memasukkan atau mengeluarkannya.

Pisau dapat mengalami kerusakan dari waktu ke waktu karena tekanan yang diberikan pada pisau saat asuk atau keluar dari slotnya.

Jika blok pisau memungkinkan, sebaiknya menyimpan pisau secara terbalik sehingga tekanan diberikan pada tulang belakang pisau saat dimasukkan, bukan pada bilahnya. 

Meski ini mungkin terdengar menakutkan, bakteri tersebut mudah dihilangkan dengan memanaskan spons secara teratur selama dua menit di dalam microwave. 

Panas dari microwave akan mensterilkan spons dan membunuh kuman yang berpotensi berbahaya. 

Cuci peralatan masak besi cor dengan garam kasar 

Banyak juru masak rumahan menghindari penggunaan peralatan masak besi cor karena instruksi perawatan yang tampaknya rumit.

Mencuci peralatan masak besi cor memang perlu berhati-hati untuk mencegah lapisan permukaan wajan yang halus terkelupas. Karena itu, hindari mencucinya dengan sabun.

Sebagai gantinya, gosok dengan garam kasar guna menghilangkan sisa makanan dari wajan, lalu gunakan air hangat untuk membilasnya hingga bersih.

Terakhir, lapisi dengan minyak sayur untuk menambahkan lapisan perlindungan tambahan sampai Anda menggunakan kembali peralatan besi cor. 

Jika panci dilapisi dengan polytetrafluoroethylene (lebih dikenal sebagai teflon), sangat penting menghindari terkelupasnya lapisan kimia.

Alih-alih menggunakan pengocok logam atau spatula saat memasak dengan peralatan masak antilengket, beralihlah ke alat kayu atau plastik untuk memastikan umur panjang panci Anda. 

Asah pisau 

Untuk mendapatkan hasil maksimal dari pisau dapur, optimalkan kinerjanya dengan mengasahnya secara teratur. 

Namun, mengasah pisau dengan baja pengasah akan meluruskan bilah pisau, tetapi tidak benar-benar menajamkannya.

Sebaiknya, membawa pisau ke pengasah profesional untuk mendapat hasil maksimal. Saat ini, ada sejumlah pengasah pisau profesional yang tersedia dengan harga terjangkau.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/05/15/071700476/6-perawatan-yang-dapat-membuat-peralatan-dapur-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke