Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membuat Booster Perangsang Bunga dan Buah, Pakai Micin dan Gula

JAKARTA, KOMPAS.com - Kendala yang kerap dijumpai saat menanam tanaman adalah tanaman tidak kunjung berbunga dan berbuah. Padahal, kedua fase tersebut sangat ditunggu-tunggu.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (11/3/2022), ada beberapa penyebab tanaman tidak berbunga atau bunga mengalami kerontokan yang akhirnya tidak menghasilkan buah.

Ada pula banyak produk perangsang bunga dan buah (booster) di pasaran. Namun, Anda sebenarnya dapat membuatnya sendiri.

Booster perangsang bunga dan buah dapat dibuat dengan bahan yang murah serta mudah didapatkan. Kemudian setelah diaplikasikan ke tanaman, Anda dapat mengamati perkembangannya.

Berikut cara membuat booster perangsang bunga dan buah tanaman.

Cara membuat booster perangsang bunga dan buah

Campurkan semua bahan tersebut, aduk hingga rata. Jika menggunakan karbit yang masih baru dibeli dari toko besi atau toko bangunan, Anda perlu mencairkannya terlebih dahulu.

Bila Anda mengganti molase dengan gula merah atau gula putih, maka harus menghaluskan bahan tersebut terlebih dahulu agar proses pencampuran bahan menjadi lebih mudah.

Cara mengaplikasikannya ke tanaman

Semprotkan bahan yang sudah diaduk rata tersebut ke daun tanaman pada jam 8 sampai 10 pagi. Sebab, saat itu adalah waktu dimana tanaman menyerap makanan atau nutrisi.

Usahakan penyemprotan menyentuh bagian belakang daun, karena di sanalah mulut daun berada atau terbuka.

Dari bahan bahan tersebut tidak perlu dicairkan dengan tambahan air lagi, langsung saja masukkan ke alat sprayer dan diaplikasikan ke tanaman.

Beberapa sumber menyebutkan bahwa air yang digunakan untuk bahan booster bisa juga menggunakan air sumur biasa. Akan tetapi, untuk dapat diaplikasikan ke tanaman perlu menunggu kurang lebih tiga hari setelah proses pencampuran bahan bahan booster.


Adapun jika Anda menggunakan bahan air hujan, tidak perlu menunggu tiga hari untuk dapat diaplikasikan ke tanaman. Setelah proses pencampuran bahan bahan booster selesai bisa langsung digunakan.

Bahan dari air sumur biasa yang sudah jadi bisa dicairkan dengan tambahan air dengan dosis 100 ml per tanki semprot ukuran 12 liter.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/11/123500376/cara-membuat-booster-perangsang-bunga-dan-buah-pakai-micin-dan-gula

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke