Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanaman Terbakar karena Overdosis Pupuk, Bisakah Diselamatkan?

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk sangat diperlukan oleh tanaman agar mereka tumbuh dengan subur dan baik. Akan tetapi, pemupukan yang berlebihan akan membuat tanaman layu dan bahkan mati.

Seperti yang dilansir dari Gardening Know How, Selasa (8/3/2022) pemupukan yang berlebih sering kali menyebabkan bagian tanaman terbakar atau hangus.

Terlalu banyak pupuk pada tanaman adalah masalah serius, lebih merusak daripada pemberian pupuk yang terlalu sedikit. 

Lantas, bisakah taman yang terlalu banyak diberikan pupuk diselamatkan? 

Tanaman yang terlalu banyak diberikan pupuk terkadang dapat diselamatkan, tergantung pada jumlah pupuk yang Anda gunakan dan seberapa cepat Anda bertindak.

Mengelola pembakaran pupuk di kebun tergantung pada kecepatan Anda mengenali tanda-tanda di tanaman Anda.

Tanaman yang rusak ringan mungkin hanya layu atau terlihat tidak sehat, tetapi tanaman yang terbakar parah mungkin tampak benar-benar terbakar dengan tanda, daunnya berwarna coklat dan rontok dari tepi ke dalam.

Hal ini disebabkan akumulasi garam pupuk dalam jaringan dan kurangnya air untuk menyiramnya karena kerusakan akar.

Ketika Anda menyadari bahwa telah melakukan pemupukan yang berlebihan, baik karena gejala tanaman atau karena kerak putih yang terbentuk di permukaan tanah, segera mulai membanjiri tanaman dengan air.

Menyiram tanaman yang lama dan dalam dapat memindahkan banyak jenis pupuk dari tanah dekat permukaan ke lapisan yang lebih dalam, di mana akar saat ini tidak menembus.

Sama seperti menyiram tanaman pot yang memiliki terlalu banyak pupuk, Anda akan perlu membanjiri taman Anda dengan volume air yang setara dengan luas kubik area yang dipupuk.

Membilas taman akan membutuhkan waktu dan perhatian yang cermat untuk memastikan bahwa Anda tidak membuat genangan air yang akan menenggelamkan tanaman Anda yang sudah terbakar.

Apa yang harus dilakukan saat memberikan pupuk pada rumput terlalu banyak?

Rumput membutuhkan jenis pupuk yang sama seperti yang dilakukan pada tanaman di kebun, tetapi bisa jauh lebih sulit untuk memberikan air yang merata ke banyak tanaman rumput di halaman.

Jika area kecil rusak, tetapi sisanya tampak baik-baik saja, fokuskan upaya Anda pada tanaman itu terlebih dahulu.

Banjiri area tersebut dengan selang hujan atau sprinkler, tetapi pastikan untuk menghentikannya sebelum tanah menjadi basah. Ulangi setiap beberapa hari, sampai tanaman tampak pulih.

Selalu ada risiko membunuh tanaman saat Anda melakukan pemupukan berlebihan. 

Anda dapat mencegah masalah pemupukan berlebih di masa depan dengan menguji tanah sebelum menerapkan pupuk dan selalu menyiram secara menyeluruh segera setelah menerapkan jumlah pupuk yang sesuai untuk tanaman.

Penyiraman membantu memindahkan pupuk ke seluruh tanah alih-alih menjaganya tetap dekat dengan permukaan di mana mahkota tanaman yang halus dan akar yang lembut dapat rusak.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/03/08/171900876/tanaman-terbakar-karena-overdosis-pupuk-bisakah-diselamatkan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke