Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Perawatan AC yang Perlu Dilakukan agar Berfungsi Baik dan Tahan Lama

Hal ini dilakukan tak lain menjaga kinerja AC tetap berfungsi optimal serta memperpanjang usianya. Meski begitu, banyak pengguna AC yang masih abai melakukan perawatan ini. 

Entah karena tidak tahu maupun enggan melakukan. Akibatnya, AC sering mengalami permasalahan seperti tidak dingin, mengeluarkan tetetasan air dan bau tidak sedap, serta bersuara bising. Bahkan AC tidak bertahan lama. 

Untuk mencegah permasalahan ini, dilansir dari Roohome, Jumat (18/2/2022), berikut beberapa perawatan AC yang perlu dilakukan untuk menjaga kinerja dan memperpanjang usianya.  

Hal ini akan memastikan bahwa semua aspek AC berfungsi dengan benar. Untuk tempat perawatan, Anda dapat menemukan tempat-tempat yang menawarkan perawatan AC, baik secara langsung maupun mencari via online. 

Ubah filter

Setiap kali mengganti filter tungku, pastikan memeriksa tanda-tanda keausan. Jika filter AC sobek atau bengkok dengan cara lain, Anda harus menggantinya sesegera mungkin.

Vakum unit AC 

Jika AC sudah berusia sekitar lima tahun atau lebih, masuk akal untuk menyedotnya setidaknya setahun sekali.

Ini akan membantu menjaga unit berjalan dengan baik dan memungkinkan Anda untuk mengidentifikasi masalah apa pun yang dapat segera muncul. 

Jaga rumah pada suhu yang konsisten 

Menjaga rumah pada suhu yang konsisten dapat membantu menghemat biaya energi dan memastikan unit AC tidak rusak.

Ketika rumah menjadi terlalu panas atau dingin, hal itu akan membebani kinerja unit AC dan menyebabkan kerusakan yang memerlukan perbaikan AC secara teratur. 

Jaga rumah terisolasi dengan baik

Jika unit AC berada di luar rumah, pastikan rumah terisolasi dengan baik guna membantu mencegah angin kencang dan memastikan AC tidak harus bekerja terlalu keras untuk mempertahankan suhu yang nyaman.

Jangan menggunakan AC secara berlebihan 

AC yang terus-menerus bekerja atau digunakan secara berlebihan dapat membuatnya mengalami kerusakan. Untuk itu, gunakan AC seperlunya untuk membantu mencegah dari panas berlebih dan perbaikan yang sering. 

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/18/100500776/8-perawatan-ac-yang-perlu-dilakukan-agar-berfungsi-baik-dan-tahan-lama

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke