Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Membasmi Kecoak di Dapur, Pakai Mentimun hingga Kayu Manis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kecoak adalah hama yang kehadirannya mengganggu di rumah. Tidak hanya di kamar mandi, kecoak juga kerap ditemukan berkeliaran di dapur.

Kecoak bisa ditemukan di bawah wastafel dapur, saluran air, di sekitar kompor, dan bahkan di dalam lemari dapur.

Dikutip dari Times of India, Jumat (18/2/2022), kecoak tidak hanya menjijikkan, tetapi juga dapat berbahaya bagi kesehatan, menyebabkan beberapa penyakit dan menyebabkan keracunan makanan.

Oleh karena itu, membersihkan dapur dengan cara yang benar sangat penting dan menggunakan bahan yang tepat saat membersihkan dapat mengusir dapur kecoak juga.

Berikut beberapa bahan alami yang dapat mengusir kecoak di dapur dan caranya.

1. Air panas dan cuka

Anda tidak perlu mencari-cari bahan di mana-mana karena Anda dapat menemukannya di dapur. Ambil saja air panas, campurkan dengan cuka putih dan aduk rata.

Bersihkan area dapur dan di sekitar bagian atas kompor dengan larutan ini dan tuangkan larutan ini ke saluran pembuangan dapur di malam hari.

Larutan air panas dan cuka akan mendisinfeksi pipa dan saluran air dan akan mencegah kecoak memanjat ke dapur.

2. Air panas, lemon, dan soda kue

Campurkan 1 lemon, 2 sendok makan soda kue dalam 1 liter air panas. Aduk rata dan tuangkan ke saluran pembuangan atau cuci area di bawah wastafel dapur dengan larutan ini untuk menghentikan perkembangbiakan kecoak di dapur.

3. Asam borat dan gula

Cukup campurkan asam borat dan gula, lalu sebarkan ke tempat-tempat di mana Anda menemukan kecoak di dapur. Sementara gula memikat serangga, asam borat membunuh kecoak dengan segera.

4. Minyak esensial

Jika Anda menggunakan minyak esensial untuk perawatan kulit atau tujuan penyembuhan lainnya, maka Anda juga dapat menggunakan minyak esensial seperti minyak peppermint dan minyak lavender untuk mengusir kecoak.

Cukup semprotkan beberapa minyak esensial di sekitar dapur dan lemari dapur, dan biarkan aromanya menyebarkan manfaatnya untuk mengusir kecoak.

5. Mentimun

Kecoak menganggap esens dan aroma mentimun menjijikkan. Simpan beberapa irisan mentimun di sekitar tempat Anda menemukan kecoak di dapur.

6. Ekstrak nimba

Dari daun nimba hingga minyak nimba bekerja secara efektif dalam menjauhkan kecoak dan serangga dari dapur. Simpan saja beberapa lembar daun nimba di dapur dan Anda bisa melihat perubahannya hanya dalam tiga hari.

Anda juga bisa menyemprotkan minyak nimba yang dicampur dengan air panas untuk menghentikan kecoak dan serangga lain berkembang biak di dapur.

7. Kayu manis

Rempah-rempah ini dapat mengusir kecoak. Esens kayu manis yang kuat dapat mencegah serangga ini memanjat dinding dapur dan lemari dapur.

Taburkan saja bubuk kayu manis yang baru digiling di sekitar dapur.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/18/085800276/7-cara-membasmi-kecoak-di-dapur-pakai-mentimun-hingga-kayu-manis

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke