Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Memilih Bibit Pepaya California yang Bagus

JAKARTA, KOMPAS.com - Pepaya california atau pepaya calina masih banyak digemari oleh masyarakat, tidak kalah dengan budidaya pepaya biasa atau pepaya jingga. Pepaya california memiliki bentuk lonjong dengan berat rata-rata 1,5 hingga 2,5 kilogram.

Dilansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Rabu (16/2/2022), dengan ukuran yang tergolong kecil jika dibandingkan dengan pepaya lainnya, harga per kilogram dari pepaya california ini dapat mencapai Rp 8.000 per kilogram.

Namun, tampaknya harga tersebut tidak dianggap sebagai penurun daya tarik dari pepaya california. Budidaya pepaya california kian meluas dengan hasil yang melimpah setiap tahun.

Untuk mendapatkan hasil panen yang baik, pemilihan bibit pepaya california merupakan salah satu kunci penting. Berikut cara memilih bibit pepaya california yang bagus agar hasilnya optimal.

Anda bisa mendapatkan bibit pepaya california melalui tiga cara, yaitu dari pokok buahnya, membeli secara langsung di toko pertanian, serta membeli via toko online.

1. Mendapatkan bibit pepaya california dari buahnya

Jika Anda ingin mendapatkan bibit pepaya california secara langsung dari buahnya, maka pilihlah benih atau bibit dari buah yang telah matang sempurna di pohonnya.

Pilih biji pada bagian tengah buah, atau sepertiga bagian pepayanya saja. Untuk memastikannya, Anda dapat mengiris pepaya california menjadi tiga bagian.

Bagian tengah itulah yang bisa Anda ambil bijinya untuk pembibitan.

2. Membeli bibit pepaya california di toko pertanian

Jika tidak memiliki pohon pepaya indukan berkualitas yang biji buahnya bisa dijadikan bibit, maka Anda dapat pergi ke toko pertanian untuk mendapatkan bibit pepaya california yang dijual dalam kemasan.


Yang perlu diperhatikan saat akan membeli bibit dari toko pertanian adalah pastikan bahwa bibit tersebut tidak kedaluwarsa dan merupakan bibit pepaya unggulan. Di samping itu, cari bibit pepaya california yang telah memiliki sertifikat sehingga terjamin kualitasnya.

3. Membeli bibit di toko online

Sama halnya dengan membeli bibit di toko pertanian secara langsung, saat akan melakukan transaksi pembelian, pastikan bahwa bibit tersebut tidak kedaluwarsa serta bersertifikat.

Belilah bibit pepaya california di toko online yang sudah terpercaya, sehingga dapat terhindar dari penipuan dan apa yang kita dapatkan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Pepaya california, apakah jenis pepaya impor?

Sebenarnya pepaya california bukanlah pepaya impor atau yang berasal dari luar negeri seperti namanya. Pepaya ini merupakan pepaya lokal yang diberi nama dengan embel-embel kota di luar negeri agar menarik minat masyarakat.

Dalam hal rasa, pepaya california juga memiliki rasa yang sama seperti pepaya jenis lainnya.

Pepaya california merupakan hasil temuan dari ilmuwan Indonesia, yaitu Prof. Dr. Ir. Sriani Sujiprihati, MS dari Institut Pertanian Bogor. Nama awal yang diberikan untuk jenis pepaya unggulan ini adalah pepaya IPB9 atau calina, yang kemudian diberi nama lain pepaya california untuk tujuan komersil.

Metode tersebut berhasil, dan kian mengangkat nama pepaya california sebagai buah faforit masyarakat Indonesia. Meskipun harga belinya relatif mahal, namun tidak menurunkan minat para pembeli.

Keunggulan dari pepaya california adalah dagingnya yang lebih renyah dibanding dengan pepaya jenis lainnya. Buahnya tidak lembek meskipun telah matang sempurna.

Dalam budidaya berskala besar, pepaya california dibagi menjadi dua, yaitu pepaya california betina dan pepaya california sempurna. Yang membedakan hanyalah bentuk buahnya.


Pepaya california betina memiliki tampilan yang sedikit membulat, pepaya california sempurna bentuknya lebih memanjang. 

Perbedaan ini tentu penting untuk para pembudidaya pepaya california. Sebab harga jual dipasar antara keduanya jelas berbeda.

Pepaya california sempurna dilabeli dengan harga yang lebih mahal dibanding dengan pepaya california betina.

Tips membeli bibit pepaya california

Jika membeli bibit di toko pertanian maupun online, maka pastikan bahwa masa produksinya tidak lebih dari 5 bulan.

Bibit yang sudah kadarluarsa akan menghambat pertumbuhan benih nantinya, disamping itu, buah yang dihasilkan belum tentu baik kualitasnya.

Jika memang memutuskan untuk membeli bibit dari toko pertanian atau online, maka berikut ini adalah ciri dari bibit pepaya california yang baik dan berkualitas tinggi.

  • Dibungkus dengan plastik aluminium foil, sehingga bibit lebih tahan akan jamur.
  • Daya tumbuhnya tinggi. 
  • Presentasi buah sempurna mencapai 70 persen lebih
  • Masa berlaku bibit dibatasi hanya sampai 5 bulan

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/16/213200876/simak-cara-memilih-bibit-pepaya-california-yang-bagus

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke