Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Memanfaatkan Limbah Dapur untuk Pupuk Organik Cair Tanaman

Biasanya, limbah ini akan menumpuk di tempat sampah setiap harinya dan menjadi salah satu permasalahan lingkungan. 

Melansir dari laman Cybex Kementerian Pertanian, Kamis (3/2/2022), sebenarnya limbah rumah tangga ini bisa dimanfaatkan untuk menyuburkan tanaman.

Limbah rumah tangga bisa diolah kembali menjadi pupuk organik cair yang bisa diaplikasikan pada tanaman. Bagaimana caranya membuatnya? Simak ulasannya berikut ini. 

  • Campurkan semua bahan 

Campurkan cincangan sampah, em 4, serta tetes tebu atau air gula ke dalam tong plastik. Jika telah tercampur, pindahkan ke dalam kantong plastik yang telah dilubangi

  • Masukkan bahan ke tong 

Masukkan kantong tersebut ke tong yang sudah disediakan, lalu tambahkan air bersih (sumur). Jangan lupa mengikat kantong plastik dengan rapat, kemudian tutup tong selama tiga minggu. 

  • Buka tong 

Setelah itu, Anda dapat membuka tong tersebut. Apabila dari dalamnya tidak lagi tercium bau busuk, pembuatan pupuk cair dinyatakan berhasil. 

  • Angkat kantong plastik 

Angkat kantong plastik untuk ditiriskan. Anda telah mendapat dua macam pupuk, sampah yang berada di dalam kantong plastik dapat digunakan sebagai pupuk padat, sedangkan air tirisan tadi merupakan pupuk cair yang siap pakai setelah dilakukan penyaringan. 

  • Pengaplikasian

Dalam pengaplikasiannya, pupuk cair tersebut juga harus diencerkan terlebih dahulu dengan air. Komposisi yang biasa digunakan adalah kisaran 1:10  atau satu liter pupuk cair untuk 10 liter air. 

Kemudian, semprotkan pada bagian tanaman seperti daun serta batang atau siramkan pada media tanamnya secara langsung.

Kelebihan pupuk organik cair sebagai alternatif penyubur tanaman adalah keramahannya terhadap lingkungan serta terjaminnya hasil perkebunan untuk dapat dikonsumsi secara langsung. Sementara penggunaan pupuk kimia telah membawa banyak dampak negatif

https://www.kompas.com/homey/read/2022/02/03/084900676/cara-memanfaatkan-limbah-dapur-untuk-pupuk-organik-cair-tanaman-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke