Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tanda Jangkrik Masuk ke Rumah dan Cara Menyingkirkannya

Namun, beberapa orang merasa terganggu dengan suara jangkring, terlebih bila sangat keras dan berlangsung lama.

Jangkrik merupakan serangga yang terkenal akan bunyinya dan kemampuan melompat setinggi 91 sentimeter. 

Akan tetapi, melansir dari Bob Vila, Minggu (2/1/2022), ternyata jangkrik juga berpotensi membawa penyakit sehingga mereka bukan "tamu" rumah yang perlu dinantikan.

Mengenal jangkrik rumah

Jangkrik memiliki lebih dari 9.000 spesies unik. Tipe yang paling memungkinkan untuk masuk ke rumah, bahkan sudah menempati rumah manusia, adalah jangkrik jenis Acheta domesticus atau Linnaeus.

Umumnya, jangkrik Linnaeus sering ditemukan di seluruh Amerika Serikat (AS), khususnya bagian timur area Rocky Mountains.

Bagi orang-orang yang memelihara reptil seperti ular atau kadal, akan menyambut baik jangkrik ini sebagai makanan hewan peliharaan mereka.

Kenapa jangkrik masuk ke rumah?

Selama musim panas, jangkrik rumah lebih senang berada di luar ruangan untuk menyantap tanaman, sampah, dan serangga.

Saat musim dingin, jangkrik akan pindah ke dalam ruangan untuk tetap bertahan dan akan tinggal di karpet dan pakaian. Sebab, jangkrik senang terhadap barang berbahan wol, katun, satin, dan barang yang kotor karena keringat. Itu adalah kudapan lezat bagi jangkrik. 

Jangkrik dapat masuk ke rumah jika fondasi bangunan atau jendela memiliki celah. Pintu dan jendela yang tidak ditutup rapat juga bisa menjadi pintu masuk para jangkrik. 

Cara mengusir jangkrik dari rumah

Seperti dikatakan sebelumnya, jangkrik berpotensi membawa penyakit seperti e-coli dan salmonella saat masuk ke rumah. Untuk mengusir jangkrik dari rumah, terdapat cara yang bisa dilakukan sebagai berikut:

  • Dengar bunyi jangkrik

Pertama, tandai lokasi jangkrik berada dengan cara mengikuti bunyi jangkrik hingga ke asalnya. Jangan lupa berjalan dengan pelan agar jangkrik tidak berhenti bersuara. 

  • Selidiki area-area gelap

Pencarian jangkrik bisa difokuskan di area yang tertutup karena jangkrik suka bersarang di lingkungan gelap dan lembap.

Di luar ruangan, periksa di sekeliling teras dan jalan setapak, di bawah tanaman hias atau lapisan mulsa, dan di tumpukan kompos.

Di dalam rumah, periksa area belakang perabotan, di bawah wastafel dan lemari rias, di sepanjang tepian karet, dan di bawah furnitur.

Jika memiliki ruang bawah tanah, jangkrik akan berkeliaran di mana saja. Namun, periksalah lokasi tempatmu menaruh barang dan pakaian musiman. 

  • Manfaatkan penyedot debu

Gunakan penyedot debu di area yang kamu rasa memiliki jangkrik. Meski tidak menangkap jangkrik raksasa, ada kemungkinan kamu akan menangkap telur jangkrik demi mencegah masalah yang lebih serius. Selanjutnya, buang isi kantung penyedot debu ke luar rumah dengan segera.

  • Taburkan asam borat

Asam borat sering digunakan sebagai pestisida dan efektif menangkal serangga, termasuk jangkrik. Umumnya, asam borat berbentuk bubuk, pelet, dan tablet. Benda ini harus ditempatkan di area tempat jangkrik bersarang.

Sebelum menaruh asam borat, pastikan bahwa area tersebut jauh dari anak-anak dan hewan peliharaan.

  • Taruh perangkap lengket

    Perangkap lengket atau papan lem bisa digunakan untuk menangkap jangkrik. Bahkan, kamu bisa membuatnya sendiri.

    Kamu bisa isi stoples dengan 1-10 campuran molase dan air.

    Wanginya yang manis akan menarik perhatian jangkrik dan mereka akan terperangkap pada cairan lengket tersebut dan tenggelam.

    Jika gagal, coba beli semprotan pestisida di toko. Gunakan sesuai dengan arahan yang ada dan hanya semprotkan pada area sarang jangkrik seperti bagian bawah wastafel dapur. 

    • Tutup retakan atau lubang

    Tutup retakan atau lubang pada fondasi bangunan, tirai jendela yang robek, dan pintu yang tidak tertutup kuat agar jangkrik tidak bisa masuk ke rumah. 

    • Kurangi area lembap di rumah

    Cara terakhir yang bisa dilakukan adalah mengurangi area lembap di dalam dan sekitar rumah. Misalnya, memperbaiki keran yang bocor dan peralatan yang menggunakan air. 

    Kemudian, pastikan ada ventilasi yang cukup di ruang bawah tanah. Kamu juga bisa memakai alat pelembap (dehumidifier) di ruang bawah tanah.

    • Rapikan area luar ruangan

    Jika bagian dalam rumah sudah rapi dan bebas dari jangkrik, kamu juga perlu merapikan area luar rumah agar tidak menjadi sarang jangkrik.

    Apabila halaman memiliki rumput, pangkaslah dengan rapi, siram secara berkala, dan cabut rumput liar dari hamparan bunga. Pangkas pohon serta semak belukar yang berada di dekat fondasi rumah.

    Jangan lupa membersihkan selokan rumah karena area itu terkenal sebagai sarang dari hama.

https://www.kompas.com/homey/read/2022/01/02/223400976/tanda-jangkrik-masuk-ke-rumah-dan-cara-menyingkirkannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke