Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

9 Ide Dekorasi Meja Makan untuk Perayaan Natal di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari raya Natal identik dengan dekorasi khas yang hangat dan menyenangkan. Pohon Natal mungkin adalah dekorasi Natal yang paling diingat, namun ada pula hal di rumah yang seharusnya didekorasi dengan baik.

Meja makan menjadi aspek penting pula dalam merayakan Natal. Sebab, bagi banyak umat yang merayakannya, makan malam Natal adalah hal yang tidak boleh dilewatkan, karena menjadi waktu berkumpul bersama keluarga dan merefleksikan syukur.

Seperti pohon Natal Anda, ada banyak palet warna dan tema meriah untuk menghias meja makan Anda. Berikut beberapa ide dekorasi meja makan untuk Natal yang dapat menjadi inspirasi Anda, seperti dikutip dari Better Homes & Gardens Australia, Senin (13/12/2021).

1. Nuansa Natal putih

Ciptakan lanskap bersalju di meja makan menggunakan dedaunan imitasi berbondong-bondong salju yang dipadukan dengan sentuhan perak dan emas.

Anda juga bisa menghiasi meja makan dengan lampu meja dan dekorasi bintang putih.

2. Hutan klasik

Ciptakan suasana hutan yang nyaman dengan melapisi penempatan anyaman alami di atas taplak meja tartan.

Gunakan kerucut pinus, cemara, dan beri untuk taplak meja, dan taburi dengan pernak-pernik emas berkilauan untuk sedikit nuansa glamor.

3. Warna cerah yang ceria

Gunakan warna cerah seperti pink, kuning dan biru untuk meja makan Natal yang semarak. Gunakan taplak meja bunga warna-warni di atas taplak meja putih, dan lapisi dengan alas piring kuning bulat.


Bungkus hadiah kecil untuk keluarga atau tamu Anda dengan warna yang serasi.

4. Warna merah dan putih

Skema warna merah dan putih membuat suasana ceria di meja ini. Akan tetapi, alih-alih menghias dengan permen tongkat, buatlah hal-hal yang unik dan glamor dengan apel merah mengkilap sebagai pengaturan tempat.

Tulis saja nama setiap orang pada kartu berbentuk daun dan ikat ke tangkainya.

5. Pesona pantai

Ciptakan suasana pantai yang santai dengan menggunakan banyak lapisan dan tekstur berbeda dalam palet yang terinspirasi oleh alam. Mulailah dengan alas piring dan lapisan linen putih dengan penempatan anyaman oval untuk kontras dan tekstur.

Berikan anggota keluarga atau tamu Anda sesuatu untuk dibawa pulang dengan tanaman sukulen pot kecil di setiap pengaturan tempat duduk.

6. Emas yang berkilauan

Buat semuanya tetap sederhana dengan lapisan linen putih. Hiasi meja makan dengan rangkaian lampu kertas emas dan putih serta karangan bunga bintang.

Kombinasikan dengan peralatan makan dan peranti makan bernuansa warna tropis pula.

7. Keceriaan tropis

Gunakan palet warna cerah pink, peach, teal dan kuning dan kombinasikan dengan elemen emas dan tembaga untuk sentuhan kilau. Gunakan daun tropis berbatang tunggal untuk membuat taplak meja yang mencolok, dan beri titik dengan nanas di tengahnya.

Taburkan dengan ornamen mengilap untuk sentuhan meriah.

8. Sederhana namun elegan

Gunakan linen putih polos dan setangkai tunggal kayu daun eukaliptus pada setiap pengaturan tempat duduk. Kombinasikan dengan palet warna hijau dan biru laut untuk nuansa elegan yang halus.


9. Keanggunan nuansa rustic

Gunakan tanaman hijau apa pun dari pekarangan rumah sebagai pusatnya, dan beri titik dengan kerucut pinus untuk tampilan rustic. Pilih taplak meja dari kain tenun alami, dan tambahkan setangkai tanaman hijau ke setiap pengaturan tempat.

Lengkapi tampilan dengan pernak-pernik merah mengilap.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/13/075500076/9-ide-dekorasi-meja-makan-untuk-perayaan-natal-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke