Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Terjadi Pemadaman Listrik

Selain itu, ada beberapa hal yang tidak boleh dilakukan saat pemadaman listrik berlangsung karena dapat menyebabkan berbagai masalah, baik bagi rumah maupun peralatan elektronik. 

Melansir dari Reader's Digets, Minggu (12/12/2021), berikut berbagai hal yang tidak boleh dilakukan saat pemadaman listrik terjadi. 

Sebab, mencabut steker di sekitar rumah masih dapat memberikan perlindungan terhadap lonjakan listrik dari daya yang kembali.

Selain mencabut peralatan elektronik ketika pemadaman listrik, Anda juga perlu memasang pelindung lonjakan arus pada panel listrik atau mencolokkan elektronik sensitif ke soket ekstensi untuk melindungi lonjakan arus. 

Membuka kulkas

Setiap kali membuka pintu kulkas, Anda mengeluarkan udara dingin dan makanan di dalamnya tidak akan didinginkan kembali sampai listrik menyala kembali.

Namun, kulkas yang tidak dibuka selama pemadaman listrik dapat menyimpan makanan pada suhu yang aman setidaknya selama empat jam. Jadi, cobalah untuk tidak membuka kulkas, kecuali benar-benar diperlukan. 

Jika tidak memiliki freezer penuh, masukkan botol air dan biarkan membeku sehingga hal ini dapat menjadi pengganti makanan di dalam freezer.  

Menggunakan senter yang sudah lama tidak terpakai 

Jangan kaget jika senter bertenaga baterai tidak akan berfungsi saat dibutuhkan. Anda mungkin mengira baterainya sudah mati, tetapi itu bisa menjadi masalah yang lebih dalam.

Seiring waktu, baterai tersebut akan mengeluarkan asam yang akan lebih merusak senter. Untuk memastikan senter tetap baik, direkomendasikan untuk memiliki senter LED yang dapat diisi ulang untuk keadaan darurat. 

Menggunakan genset di dalam garasi

Genset dapat mengeluarkan karbon monoksida beracun. Jadi, harus menyimpannya di udara terbuka jauh dari rumah. Bahkan, ketika garasi terbuka, setidaknya biarkan enam meter dari rumah untuk menghindari gas tersebut.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/12/174900876/5-hal-yang-tidak-boleh-dilakukan-saat-terjadi-pemadaman-listrik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke