Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Tanaman Hias yang Diprediksi Bakal Hits di Tahun 2022

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman hias adalah salah satu elemen dekorasi rumah populer dan favorit banyak orang. Tren tanaman hias pun diprediksi belum akan surut dalam waktu dekat.

Selama beberapa tahun terakhir, ada saja tren tanaman hias yang menyebar dengan cepat. Orang-orang telah memenuhi setiap permukaan rumah mereka dengan tanaman hias yang cantik unik.

Menjelang tahun 2022, banyak ahli tanaman hias mulai membuat prediksi mengenai tren tanaman hias dan tanaman hias yang akan populer.

Dilansir dari The Spruce, Senin (6/12/2021), berikut beberapa tanaman hias yang diprediksi bakal hits tahun depan.

1. Hoya

Ida Nordin dan Elin Harryson, pakar tanaman di Planta, menyatakan bahwa Hoya adalah salah satu tanaman hias yang sedang menikmati popularitas.

“Kami telah melihat peningkatan jumlah Hoya di Planta, baik di akun pengguna maupun di daftar keinginan mereka. Dan kita harus mengakui bahwa kecanduan Hoya juga menular pada kita,” jelas Nordin.

Hoya adalah tanaman cantik dan datang dalam berbagai bentuk dan ukuran. Hoya juga memiliki bunga yang indah, jika Anda beruntung.

Dalam hal perawatan, Hoya menyukai cahaya tidak langsung yang terang, jadi letakkan di tempat yang bisa mendapatkan sinar matahari pagi. Biarkan tanah mengering di antara penyiraman.

Menggantung atau menempatkan Hoya di rak tinggi adalah cara terbaik untuk benar-benar mengagumi kecantikan tanaman ini.


2. Syngonium

“Syngonium tumbuh dengan cepat, mudah dirawat dan ditemukan dalam banyak warna," terang Harryson.

Beberapa varietas Syngonium yang populer antara lain Strawberry Cream, Mojito yang berbintik-bintik, dan Milk Confetti.

Ketika tanaman memiliki banyak varietas yang tersedia, mereka cenderung lebih populer, misalnya sirih gading, monstera, dan philodendron.

Orang-orang menjadi senang ketika mereka melihat bahwa tanaman yang mereka beli mudah dirawat sehingga membeli lebih banyak lagi.

Syngonium lebih menyukai cahaya terang, tetapi merupakan tanaman yang dapat mentolerir cahaya rendah, itu hanya dapat mengubah variegasi dan pewarnaan daunnya.

Kebanyakan orang menemukan bahwa menyiram tanaman syngonium satu hingga dua kali per minggu adalah yang terbaik, tetapi pastikan bahwa dua inci atas tanah kering sebelum melakukannya.

3. Phyllanthus mirabilis

"Saya suka bagaimana daunnya terbuka di siang hari dan benar-benar terlipat kembali di malam hari," ungkap Stu Wilson, duta produk di The Stem.

Tanaman yang memiliki kepribadian pasti akan populer pada tahun 2022. Adapun tanaman ini sangat unik karena batangnya yang bulat, membutuhkan sedikit perawatan untuk berkembang.

Anda harus memastikan tidak menyiramnya terlalu banyak karena tanaman ini menyimpan air dengan baik. Jika Anda menyiraminya terlalu banyak, tanaman akan membusuk.

Tempatkan di tempat dengan cahaya yang baik dan kelembaban yang cukup.

4. Begonia chlorosticta

Begonia adalah tanaman yang sangat menarik dan memiliki beberapa pola daun yang paling indah.

“Ada begitu banyak begonia yang indah di luar sana, dan mereka selalu sangat populer. Begonia ini menjadi lebih populer karena warnanya yang menakjubkan dan polanya yang berbintik," papar Wilson.

Begonia chlorosticta mungkin terlihat mirip dengan Begonia maculata karena daunnya berbintik-bintik. Perbedaan warna menunjukkan betapa berbedanya berbagai spesies tanaman.

Jika Anda tertarik pada Begonia ini, ingatlah bahwa tanaman ini menyukai kelembapan. Bahkan, mereka sering ditemukan di terarium karena alasan itu.

Mereka membutuhkan cahaya terang dan tidak langsung dan mereka suka mengering di sela-sela penyiraman.

5. Philodendron micans

“Penjualan philodendron tahun lalu meroket karena meningkatnya popularitas di tanaman hias yang lebih tidak biasa. Mereka populer karena relatif mudah disimpan," tutur Wilson.

Menurut dia, Philodendron micans sangat indah karena daunnya yang lembut dan beragam warna hijau dan oranye.

Sementara beberapa tanaman dalam keluarga Philodendron mungkin tampak sedikit lebih umum, seperti philodendron berbentuk hati, philodendron micans unik namun masih mudah dirawat.

Tanamam ini perlu ditanam di tanah yang dikeringkan dengan baik yang dapat mengering di antara penyiraman dan lebih menyukai cahaya terang dan tidak langsung, meskipun mereka akan tetap hidup dalam cahaya yang lebih rendah.

Philodendron micans adalah tanaman merambat yang indah. Dengan demikian, pastikan untuk menggantung tanaman ini atau meletakkannya di rak sehingga daunnya dapat menggantung secara alami.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/12/06/090800976/5-tanaman-hias-yang-diprediksi-bakal-hits-di-tahun-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke