Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Fakta Menarik Anjing Goldendoodle, Berpenampilan Unik dan Enerjik

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika Anda ingin mencari anjing lucu dan menggemaskan untuk dipelihara, Anda bisa memilih ras anjing Goldendoodle. Anjing ini adalah persilangan antara ras Golden Retriever dan Poodle.

Dilansir dari The Spruce Pets, Minggu (7/11/2021), anjing Goldendoodle dikenal karena penampilannya yang menarik, cerdas, dan ceria. Ras anjing ini dibiakkan untuk memiliki kualitas yang menyenangkan dari kedua orang tua mereka.

Goldendoodles adalah ras anjing yang relatif baru, pertama kali muncul di Amerika pada 1990-an. Nama menggemaskan mereka diciptakan pada tahun 1992.

Meskipun bukan ras yang terdaftar secara resmi, Goldendoodle dianggap sebagai "ras desainer" karena masing-masing orang tua mereka adalah ras murni, tetapi ras yang berbeda satu sama lain.

Poodle memiliki ciri khas bulu yang tidak mudah rontok dan sangat atletis serta cerdas, sedangkan Golden Retriever adalah anjing keluarga yang lucu dan menggemaskan.

Campuran tersebut menjadikan Goldendoodle pilihan yang cocok untuk sahabat seumur hidup, terutama bagi mereka yang memiliki alergi bulu hewan peliharaan, meskipun tidak ada anjing yang benar-benar hipoalergenik.

Berikut beberapa fakta menarik tentang anjing Goldendoodle.

1. Cocok untuk penderita alergi

Beberapa Goldendoodle bersifat hipoalergenik dan sebagian besar bahkan bulunya tidak rontok, menjadikannya bagus untuk pemilik yang memiliki alergu, atau mereka yang ingin menghindari membersihkan bulu anjing terus-menerus.


Namun, penting untuk disadari, bahwa semua anjing memiliki bulu (sel kulit mati), air liur, dan urin, di mana ada alergen, jadi tidak ada jaminan Goldendoodle tidak akan memicu reaksi alergi.

2. Senang berolahraga

Energik dan menyenangkan, Goldendoodle suka berolahraga. Mereka senang bermalas-malasan di sofa, tetapi mereka juga lincah. Anjing-anjing ini adalah teman yang baik untuk keluarga yang aktif.

Goldendoodle biasanya memiliki berat antara 25 hingga 50 kilogram dan suka berjalan-jalan, berlari, dan mendaki bersama pemiliknya. Jika Anda suka membawa anjing untuk beraktivitas di luar ruangan, jangan sungkan untuk memilih Goldendoodle.

3. Seringkali sangat ramah

Meskipun tidak semuanya seperti ini, kebanyakan anjing Goldendoodle dikenal cepat berteman dengan anak-anak, kucing, dan ras anjing lainnya, menjadikannya anjing yang ideal untuk hewan peliharaan keluarga.

Selain itu, mereka yang lebih menyukai kedamaian dan ketenangan. Mereka bahkan sering tidak menggonggong setelah pintu diketuk.

Meskipun ini tidak menjadikan mereka anjing penjaga terbaik, sikap tenang mereka adalah bagian dari apa yang membuat Goldendoodle begitu ramah.

4. Memiliki tiga jenis bulu

Bergantung pada gen mana yang diambil lebih banyak oleh anjing Goldendoodle Anda, mereka bisa memiliki tipe bulu lurus, bergelombang, atau keriting. Ini berarti bahwa tidak ada satu cara untuk merawat goldendoodle.

Beberapa mungkin memiliki bulu yang halus dan mudah dirawat sementara yang lain mungkin memerlukan penyikatan harian, mandi dan dalam beberapa kasus, bahkan pengeringan.

Pemilik Goldendoodle harus berkonsultasi dengan dokter hewan, yang dapat membantu mengidentifikasi jenis bulu tertentu, tentang cara terbaik untuk merawat teman berbulu mereka.


5. Menyukai air

Kebanyakan Goldendoodle memiliki hubungan cinta naluriah dengan berenang, baik di danau, di pantai, atau di kolam renang.

6. Memiliki beragam warna

Bulu anjing Goldendoodle adalah campuran lucu dari keturunan induknya, tidak hampir keriting seperti Poodle, tetapi lebih berbulu daripada Golden Retriever. Mereka bisa berwarna oranye, krem, cokelat tua, abu-abu, atau hitam.

Beberapa bahkan memiliki beberapa warna.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/11/07/091706176/6-fakta-menarik-anjing-goldendoodle-berpenampilan-unik-dan-enerjik

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke